Home Buleleng Round Up Usai Jalani Pemeriksaan, 8 Crew KM Cahaya Nirmala II Dipulangkan Ke Bima

Usai Jalani Pemeriksaan, 8 Crew KM Cahaya Nirmala II Dipulangkan Ke Bima

29
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini

Crew KM Cahaya Nirmala II akhirnya dipulangkan ke tempat asalnya ke Bima Nusa Tenggara Barat, namun sebelumnya kedelapan orang, baik ABK dan Nahkoda menjalani pemeriksaan di Mapolsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang.

Celukan Bawang, Nahkoda dan tujuh Anak Buah Kapal (ABK) KM Cahaya Nirmala II yang selamat dari perairan Buleleng pasca tenggelamnya kapal barang itu, Selasa (12/09/2017) siang dipulangkan ke tempat asalnya di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, namun demikian dalam proses pemulangan kedelapan crew kapal yang tenggelam itu diserahkan Kapolsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang, AKP I Ketut Wisnaya ke BPBD Kabupaten Buleleng dan selanjutnya diserahkan ke BPBD Propinsi Bali untuk dikoordinasikan secara lintas provinsi oleh Dinas Sosial Provinsi Bali.

Kedelapan crew kapal yang selamat dan dalam proses pemulangan diantaranya, Ibrahim (55) asal Bima selaku Nahkoda, kemudian tujuh ABK, diantaranya Rusdam (37) asal Flores, Iwan (37) asal Bima, Hasanudin (53) asal Bima, Brunei (24) asal Bima, Edison (36) asal Bima, an Wahyudin (21) asal Bima, dan Mochtar, (55) asal Bima.

Sebelum dilakukan proses pemulangan terhadap delapan crew kapal itu, Unit Reskrim Polsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang melakukan pemeriksaan terhadap nahkoda dan para ABK terkait tenggelamnya KM Cahaya Nirmala II di 18 mil perairan Buleleng dari Pelabuhan Laut Celukan Bawang.

Kapolsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang, Ketut Wisnaya mengatakan, kedelapan crew kapal yang berhasil dievakuasi setelah kapalnya tenggelam tersebut ditampung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Celukan Bawang serta menjalani pemeriksaan untuk didengarkan keterangannya terkait musibah tenggelamnya kapal tersebut.

Setelah diserahkan ke BPBD Buleleng oleh Kapolsek Celukan Bawang Wisnaya, kedelapan crew KM Cahaya Nirmala II langsung naik truck BPBD Buleleng disaksikan Kepala KSOP Celukan Bawang, Ketut Aryadana, Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Buleleng Nyoman Darma Kurniawan, dan juga Anggota Basarnas Buleleng.

Sementara itu Kepala pelaksana harian, kalakhar BPBD Buleleng Made Subur telah memberikan ransum dan perlengkapan pakaian untuk para korban kapal karam tersebut. Mereka selanjutnya diantar menuju BPBD Propinsi untuk diserahkan kepada Dinas Sosial Propinsi bali.

Sebelumnya, kapal barang KM Cahaya Nirmala II yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima dengan delapan crew tenggelam di perairan laut Buleleng sekitar 18 mil dari Pelabuhan Celukan Bawang, sempat mengapung selama 4 jam, Nahkoda dan ABK kapal itu akhirnya diselamatkan kapal tongkang yang mengangkut batubara menuju PLTU Celukan Bawang, bahkan Basarnas melalui Kantor SAR Denpasar melakukan pencarian dengan mengerahkan Kapal SAR Arjuna termasuk Helikopter SAR. (tha/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.