Home Buleleng Round Up TPA Bengkala Diambang Darurat

TPA Bengkala Diambang Darurat

71
0
SHARE

Bengkala, Daya tampung Tempat Pembuangan Akhir, TPA Bengkala sudah mulai overload, DLH Buleleng genjot pengolahan sampah berbasis sumber.

TPA Bengkala dengan luasan sekitar 4 hektar lebih tentunya luasan ini jauh dari kata cukup, mengingat TPA bengkala menjadi satu-satunya tempat pembuangan akhir  yang dimiliki Kabupaten Buleleng dan kini kondisinya kian memprihatinkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S.STP., MAP. tak menampik jika daya tampung TPA sudah mulai overload, dari empat blok yang dimiliki, tiga blok sudah dipenuhi oleh sampah dan hanya tersisa satu blok yang diperkirakan hanya mampu bertahan sekitar satu tahun. “Terkait dengan kondisi TPA kita yang ada di Bengkala dengan volume sampah yang masuk setiap hari kurang lebih 538 meter kibik, dan sekarang kondisi sudah cukup penuh dan kedepan akan kita kondisikan,”ujarnya.

Lanjut Kadis yang sempat menjabat sebagai Camat Gerokgak ini, kedepan pihaknya akan berupaya menggenjot serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan sampah berbasis sumber, sehingga hanya sampah residu yang akan masuk ke TPA Bengkala. “Kita terus melakukan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat dari tingkat desa adat untuk mengolah sampah menjadi sumber,”ungkapnya.(eta/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.