Home Artikel Kesehatan Tingkatkan Daya Ingat Dengan Makanan

Tingkatkan Daya Ingat Dengan Makanan

418
0
SHARE
image by spirit.web.id

Tingkatkan Daya Ingat Dengan Makanan

cara meningkatkan daya ingat, daya ingat melemah, tips menguatkan daya ingat

 

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak gangguan – gangguan yang muncul pada tubuh kita.  Sebagai manusia normal, semua akan mengalaminya cepat atau lambat. Fungsi organ tubuh juga terganggu seiring dengan bertambahnya usia. Seperti contohnya fungsi otak pada manusia. Sejalan dengan melemahnya fungsi tubuh kita, otak pun ikut mengalaminya. Kemampuan otak untuk  berfikir melemah sehingga kadang – kadang sulit  untuk mengingat sesuatu.

Jika anda merasa daya ingat anda mulai melemah, tidak perlu khawatir karena daya ingat otak bisa dipelihara dengan cara mengkonsumsi asupan makanan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mampu membantu meningkatkkan daya ingat anda.

Blackcurrant
Kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini dipercaya memiliki manfaat yang mampu meningkatkan fungsi otak secara maksimal. Blackcurrant juga mampu menangkal racun dari luar tubuh yang dapat menurunkan daya ingat seseorang.
Bluberi
Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa estrak bluberi dapat meningkatkan  fungsi otak.
Brokoli
Untuk meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan fungsi otak, brokoli sangat cocok untuk pilihan makanan anda. Kandungan vitamin K yang ada pada brokoli sangat baik untuk mendukung hal itu.
Kuaci biji labu
Kandungan zinc pada makanan ini mampu meningkatkan ketajaman daya ingat dan fungsi otak seseorang.
Kacang – kacang
Dalam sebuah jurnal, The American Journal of Epidemiology, kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh kita. Kacang juga adalah sumber vitamin E yang mampu memperbaiki sistem kerja otak.
Gandum
Vitamin B6 dan B12 yang ada pada gandum bisa meningkatkan daya ingat. Jika anda kesulitan menemukan gandum, makanan olahan gandum juga dapat anda jadikan sebagai pilihan. Seperti contohnya sereal atau pasta gandum.
Tomat
Tomat banyak mengandung likopen dan antioksidan mampu mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas seiring dengan bertambahnya usia.
Minyak ikan
Asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan sangat dibutuhkan oleh otak. Selain itu ikan juga mengandung decosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk  saraf otak dan serta mampu meningkatkan daya ingat. Ikan yang terbaik adalah ikan jenis salmon, tuna, dan makarel.
Itulah beberapa makanan yang mampu memelihara dan meningkatkan daya ingat anda. Semoga bermanfaat.
Source: Tim Naviri, 2015. 1001 Makanan Sehat. PT Gramedia, Jakarta.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.