Home Buleleng Round Up PUTR Hitung Anggaran Tanggap Darurat Perbaikan Saluran Irigasi Subak Rangdu

PUTR Hitung Anggaran Tanggap Darurat Perbaikan Saluran Irigasi Subak Rangdu

69
0
SHARE

Mayong, Setelah terjun langsung meninjau ke lokasi saluran irigasi yang rusak akibat tertimbun material longsor di wilayah Mayong, Dinas PUTR tengah menghitung anggaran tanggap darurat untuk memasang talang air non permanen.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, PUTR Buleleng kini tengah menghitung anggaran untuk memperbaiki saluran irigasi subak sepanjang kurang lebih 30 meter di banjar dinas Mayong desa Mayong kecamatan Seririt, yang rusak tertimbun material longsor pada 6 Januari lalu. Saluran irigasi yang mengairi 4 subak dengan luas lahan 150 hektar tersebut sangat strategis dan harus segera di perbaiki untuk menjaga keberlangsungan panen padi di desa setempat.

Kepala Dinas PUTR I Putu Adiptha Ekaputra menjelaskan jika dibangun secara permanen, saluran irigasi tersebut membutuhkan anggaran kurang lebih 500 juta rupiah. “Untuk tanggap darurat dengan 100 juta sudah bisa selesai, kita buiatkan talang-talang air dulu sehingga bisa menyalurkan air ke lahan pertanian. Kita akan berkoordinasi dengan TAPD dan DPRD bagaimana memformulasikan agar cepat ditangani, jangan sampai berlama-lama,”ungkapnya.

Lanjut Kadis Adiptha, semakin cepat ditangani maka dampak gagal panen bagi masyarakat akan semakin dapat diminimalisir. “Harusnya tahun ini bisa digarap dengan biaya tanggap darurat. Kita pasang talang-talang air dulu sehingga kualitas air yang mengairi empat subak dapat tetap terjaga,”imbuhnya.(ags/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.