Home Buleleng Round Up Pensiunan Guru SMP Nikmati Masa Pensiun Dengan Bertenak Trigona dan Bertani

Pensiunan Guru SMP Nikmati Masa Pensiun Dengan Bertenak Trigona dan Bertani

231
0
SHARE

Kalibukbuk, Salah Seorang Pensiunan Guru SMP yang beralamat di Desa Kalibukbuk menikmati masa pensiunnya dengan berternak kela-kela atau trigona dan bertani sayur mayur.

Masa pensiun merupakan masa dimana seseorang berhenti untuk menjalankan tugas maupun jabatan yang telah dilakoni sehari-hari dan menikmati masa tua untuk lebih banyak beristrahat, namun hal tersebut tak berlaku untuk seorang pensiunan Guru di salah satu SMP yang ada di Kecamatan Banjar.

I Gede Tunas begitulah sapaan akrabnya di masyarakat, dimasa pensiunnya, pria yang gemar mekidung ini mengisi hari-harinya dengan bertani sayur mayur di sawahnya dan mulai mencoba berternak lebah trigona atau kele-kele.

Ditemui dikediamannya di Banjar Dinas Kalibukbuk, Desa Kalibukbuk beberapa waktu lalu mengungkapkan, dirinya mulai mencoba untuk berternak trigona karena selain untuk mengisi waktu, di sekitar rumahnya banyak terdapat sarang trigona yang masih liar sehingga dirinya mencoba untuk membuatkan tempat untuk diternak. ”Kalau dihitung sekarang saya sudah pensiun 10 tahun, dan sekarang saya kembali mencoba berternak trigona,”ungkapnya.

Dirasa sudah mulai menunjukkan perkembangan, dirinya mulai mencoba untuk mencari bibit trigona dengan mengunjungi beberapa desa yang diinformasikan oleh rekannya, dengan harapan bisa menambah lagi indukan trigona.  ”Bibit ini untuk pengembangannya, saya melihat ke desa-desa untuk melihat langsung potensi trigona seperti di desa Tajun,”ujarnya.

Lanjut Gede Tunas menceritakan, Dalam pemasaran madu hasil ternaknya, dirinya lebih mengutamakan keaslian dan ketahanan dari madu tersebut, sehingga madu baru dipanen ketika  ada pesanan dan saat ini sudah ada sekitar 50 kotak sarang trigona yang siap untuk menghasilkan madu. ”Selama ini madu yang sudah diperoleh itu, jadi kalau ada pesanan baru saya proses, dan saya selalu mengutamakan keaslian madu,”tegasnya.

Selain berternak trigona, Gede Tunas juga menikmati masa pensiunnya dengan bertani berbagai jenis sayuran seperti kacang, kangkung, terong dan berbagai jenis sayur lainnya sehingga meski usianya udah menginjak ke 70 tahun fisiknya masih terlihat bugar.(eta/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.