Home Artikel Kesehatan Tips Memilih dan Menggunakan Obat Tetes Mata

Tips Memilih dan Menggunakan Obat Tetes Mata

Memilih dan menggunakan obat tetes mata dengan benar sangat perlu dilakukan. Jika salah, bisa menimbulkan gangguan yang serius pada mata.

1064
0
SHARE
Obat tetes mata, menggunakan obat tetes mata
Image by jurnalsehat.com
Memilih dan menggunakan obat tetes mata dengan benar sangat perlu dilakukan. Jika salah, bisa menimbulkan gangguan yang serius pada mata.

Saat mata mengalami masalah seperti contohnya mata merah, banyak orang menggunakan obat tetes mata sebagai solusi untuk mengobati gangguan pada mata. Untuk menghindari resiko, ada baiknya mengetahui cara penggunaan dan tentunya jenis dari obat tetes mata itu sendiri. Kesalahan penggunaan ataupun kesalahan dalam memilih obat tetes mata bisa menyebabkan gangguan yang lebih serius pada mata. Untuk itu, ada baiknya mempelajari cara penggunaan obat tetes mata yang tepat sebelum menggunakannya pada mata.

Baca juga Kenali Penyebab Kantung Mata

Pada dasarnya, obat tetes mata berbahan dasar dari saline atau air yang mengandung garam. Selain itu, beberapa bahan tambahan akan ditambahkan pada obat tetes mata sesuai dengan tujuan penggunaanya sendiri. Bahan tambahan tersebut bisa berupa air mata buatan, pelumas, baha untuk mengatasi kemerahan, sakit mata, dan masih banyak lagi bahan untuk pengobatan mata lainnya.

Dalam menggunakannya, berikut ini adalah tips aman untuk menggunakan obat tetes mata sehingga mata aman dari gangguan lain akibat salah menggunakan obat tetes mata ini.

  • Sebelum menggunakan obat tetes mata, ada baiknya mengecek botolnya. Apakah masih bagus dan lengkap dengan segelnya. Tidak hanya itu, botol obat tetes mata ini juga harus dalam keadaan steril saat digunakan.
  • Biasakan mencuci tangan sebelum menggunakan obat tetes mata karena mata sangat sensitif sekali dengan kuman yang ada pada tangan.
  • Hadapkan wajah ke atas kemudian tarik kelopak mata di bagian bawah secara perlahan.
  • Tekan kemasan obat tetes mata ke kelopak mata bagian bawah setelah itu kedip-kedipkan mata agar obanya menyebar merata ke seluruh bagian mata.
  • Usahakan ujung dari kemasan obat tetes mata tidak menyentuh permukaan mata bagian dalam karena bakteri akan sangat mudah masuk ke mata.
  • Untuk dosis penggunaan, biasanya akan tertera di kemasan luar obat tetes mata itu sendiri.
  • Yang paling penting adalah mengecek tanggal kadaluarsa obat tetes mata tersebut.

Selain cara menggunakan obat tetes mata dengan benar, penting adanya untuk mengetahui jenis-jenis obat mata yang beredar bebas di pasaran. Jika mengalami masalah pada mata, obat tetes mata yang dipili harus tepat untuk menghindari berbagai resiko yang akan timbul. Sebenarnya, ada dua jenis obat mata yang diperdagangkan secara bebas. Jenis yang pertama adalah obat tetes mata untuk mengatasi mata merah dan obat tetes mata jenis air matabuatan atau artificial tears.

Jenis yang pertama biasanya digunakan untuk meringankan iritasi pada mata akibat gangguan asap yang mengakibatkan mata menjadi merah. Untuk jenis obat tetes mata ini sebaiknya tidak digunakan terlalu sering karena dapat mengakibatkan mata mengalami iritasi. Jenis yang kedua cocok untuk mengatasi mata kering. Biasanya, obat tetes mata jenis ini menggunakan botol kemasan sekali pakai dan adapula menggunakan kemasan botol yang bisa digunakan beberapa kali. Obat tetes mata yang menggunakan kemasan sekali pakai menggunakan bahan pengawet untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada kemasan. Sedangkan obat tetes mata yang menggunakan botol tidak mengandung bahan pengawet botol.

Obat tetes mata yang dijual bebas bisa menjadi solusi yang mudah untuk mengatasi iritasi mata. Namun, beberapa hal penting harus tetap diperhatikan, seperti misalnya saat menggunakan lensa kontak. Setelah menggunakan obat tetes mata, apakah mata menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk. Hal-hal yang sepele seperti ini sering berakibat fatal. Jika memang setelah penggunaan mata masih mengalami iritasi atau bahkan lebih parah, segera hentikan penggunaan dan segera hubungi dokter ahli mata untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

Seperti yang kita ketahui, mata adalah organ yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya. Itulah beberapa tips penggunaan obat tetes mata. Semoga bermanfaat.

Konsultasikan kesehatan anda di Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.