Home Buleleng Round Up Kapal Mengangkut Kayu Surabaya-Bima, Tenggelam di Laut Celukan Bawang

Kapal Mengangkut Kayu Surabaya-Bima, Tenggelam di Laut Celukan Bawang

35
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini

Kapal barang yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima, KM Cahaya Nirmala II yang membawa 8 ABK dengan kapten kapal yakni, Ibrahim, tenggelam dengan jarak 18 mil di utara perairan Pelabuhan Celukan Bawang.

Kampung Kajanan, Disebabkan akibat cuaca buruk Kapal barang yang mengangkut kayu rute Surabaya-Bima, KM Cahaya Nirmala II tenggelam sekitar 18 mil di utara Pelabuhan Laut Celukan Bawang pada Senin (11/09/2017) dinihari, beruntung delapan orang di kapal yang mengapung selama empat jam ditemukan kapal pengangkut batu bara yang menuju Pelabuhan PLTU Celukan Bawang.

Kasubag Humas Polres Buleleng, AKP. Nyoman Suartika mengatakan, pencarian korban bukan saja dilakukan melalui jalur laut melainkan juga melalui jalur udara dengan menggunakan satu unit helikopter milik Basarnas. “Diperkirakan membawa penumpang kurang libih 8 orang. Setelah dilakukan pencarian baik memalui laut maupun udara oleh tim SAR dan anggota Polsek Celukan Bawang termasuk juga anggota POL-air, kapal tersebut dapat diselamatkan,” ujar AKP. Nyoman Suartika.

Kedelapan orang yang sudah berhasil dievakuasi diantaranya, kapten kapal Ibrahim (55) asal Bima, Rusdam (37) asal Flores), Iwan (37) asal Bima, Hasanudin (53) asal Bima, Brunei (24) asal Bima, Edison (36) asal Bima, an Wahyudin (21) asal Bima, dan Mochtar, (55) asal Bima. Mereka terapung, selama 4 jam lamanya ditengah laut saat kapal tenggelam. Mereka pun kini masih mendapatkan pemeriksaan medis di pos Celukan Bawang.

Saat di pelabuhan Celukan Bawang, Kapten Kapal KM Cahaya Nirmala II, Ibrahim mengatakan, kejadian naas itu terjadi begitu cepat, dimana kapal pengangkut barang yang memiliki kapasitas 250 ton berlayar dari Surabaya menuju Bima. Namun, saat memasuki perairan Bali tiba-tiba kapal dihantam oleh gelombang setinggi 3 meter.

Kepala SAR Denpasar, Ketut Gede Ardana menegaskan, total  penumpang KM Cahaya Nirmala II hanya berjumlah 8 orang dan semua berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan sehat. Ardana menjelaskan, kapal dengan kekuatan mesin 320 PK itu tenggelam akibat dihantam oleh ganasnya ombak.

Kedelapan orang yang berhasil diselamatkan masih menjalani pemeriksaan medis dan selanjutnya penanganan itu akan diserahkan ke instansi terkait untuk proses selanjutnya. Untuk bangkai kapal, tim SAR sudah menghentikan pencarian mengingat cuaca buruk, namun jika kondisi memang memungkinkan nantinya akan tetap juga dilakukan pencarian terhadap kapal. (tha/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.