Home Artikel Kesehatan Jenis Olahraga bagi Penderita Diabetes

Jenis Olahraga bagi Penderita Diabetes

767
0
SHARE
olah raga bagi penderita diabetes
Image by mrsc.vic.gov.au

 

olahraga yang baik untuk penderita diabetes, jenis olahraga yang tepat bagi penderita diabetes, macam sifat olahraga yang sesuai untuk penderita diabetes

image by vemale.com

 

Bagi penderita diabetes melakukan olah tubuh secara rutin dapat memberi dampak yang cukup signifikan pada penurunan tingkat gula darah dalam tubuh. 

Bagi penderita diabetes dengan berlatih teratur yang tentunya disesuaikan dengan tingkat kebugaran serta umur dapat mengkontribusikan beberapa dampak positif bagi sistem tubuh penderita, diantaranya mencegah terjadinya peningkatan berat tubuh, memperbaiki level kesensitifan hormon insulin, menghindari penyakit jantung, dan berdampak baik pada kesehatan mental.  

Kegiatan olah tubuh yang dilakukan antara penderita diabetes dan non-diabetes memberikan dampak yang berbeda. Bagi mereka yang non-diabetes, saat melakukan latihan maka dalam tubuhnya akan terjadi penurunan kadar hormon insulin, sebaliknya hormon yang mengubah gula di dalam otot, yaitu hormon glukagon mengalami peningkatan. Sebaliknya, pada penderita diabetes, ketika mereka melakukan latihan, respon hormon insulin yang terdapat dalam tubuhnya akan berbeda dari non-diabetes. Pertama, adanya kemungkinan hipoglikemi yaitu keadaan yang diakibatkan oleh naiknya kadar hormon insulin dalam tubuh. Kedua, rendahnya kapabilitas insulin dalam mengontrol produksi dari glukosa dan asam lemak akibat dari turunnya tingkat hormone insulin.
Jadi penderita diabetes yang ingin melakukan olahraga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan latihan olah tubuh. Seperti yang telah disebutkan diatas, kandungan insulin dalam tubuh penderita diabetes memberikan respon yang berbeda. Hal terpenting yang harus diketahui penderita sebelum melakukan gerakan olah tubuh, yaitu kadar gula darah disarankan dibawah 250mg/dl, sedangkan bagi penderita dengan kadar gula diatas 250mg/dl tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga. 
Ada lima sifat olahraga yang baik yang disarankan untuk dilakukan oleh penderita diabetes, diantaranya:
1.      Aerobik, yaitu olahraga yang gerakannya melibatkan kontribusi seluruh otot-otot besar.
2.      Terus menerus, yaitu olahraga yang dilakukan secara berkelanjutan tanpa adanya berhenti dalam waktu tertentu.
3.      Ritmikal, yaitu gerakan olahraga dimana otot dapat berkontraksi dan berelaksasi secara teratur, seperti misalnya jalan santai, berenang, berlari, bersepeda atau mendayung.
4.      Progresif, yaitu olahraga yang dilakukan melewati beberapa tahapan, yakni pertama pemanasan yang dilakukan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian, olahraga inti dianjurkan untuk dilakukan dalam durasi waktu 20 menit. Ketiga, pendinginan yang berfungsi untuk menghindari terjadinya penimbunan asam laktat di otot, yang dapat mengakibatkan nyeri di otot atau pusing. Dan tahap yang terakhir, yaitu peregangan atau stretching, yaitu gerakan yang dapat merelaksasi otot-otot yang masih tegang setelah olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.