Home Buleleng Round Up Jelang Imlek, Kelenteng Ling Gwan Kiong Mulai Dihias

Jelang Imlek, Kelenteng Ling Gwan Kiong Mulai Dihias

53
0
SHARE

Kampung Baru, Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Kelenteng Ling Gwan Kiong mulai dihias dengan berbagai ornament.

Berbagai persiapan mulai dilakukan untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek. Warga Tionghoa di Buleleng mulai menghias rumah-rumah menggunakan pernak-pernik imlek. Tak terkecuali dengan Kelenteng Tua Ling Gwan Kiong yang berada di Kawasan Pelabuhan Buleleng. Ornament yang didominasi warna merah itu mulai dipasang. Dari lampion hingga hiasan-hiasan angpao sebagai ciri dari perayaan imlek.

Ketua Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia, Martrisia Kabupaten Buleleng, Pipit Budiman Teja yang akrab disapa Pik Hong mengatakan, Kelenteng Ling Gwan Kiong Berdiri menghiasi Kota Singaraja sejak zaman Dinasti Ching, hal itu terlihat dari prasasti yang terpasang di atas patung utama yang terdapat tulisan Ling Yuen Gong dalam aksara Tionghoa, dimana kelenteng megah itu dibangun tahun 1873 masehi. “Kalau sesuai dengan apa yang tertulis di prasasti harusnya adalah bulan 12 imlek. Kita hanya dari sana menyimpulkan berdirinya kelenteng Ling Gwan Kiong ini tahun 1873,”jelasnya.

Didalam Klenteng Ling Gwan Kiong terdapat banyak benda peninggalan lama sejak awal klengteng ini didirikan seperti patung-patung dewa, sajak-sajak ajaran konghucu, pedang, dan lonceng. Hampir di seluruh dinding klenteng terdapat lukisan tentang sejarah china dan lukisan dewa-dewa.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.