Home Buleleng Round Up Jaga Kelestarian Alam, Ny. Aries Suradnyana Lepas Ratusan Tukik di Penimbangan

Jaga Kelestarian Alam, Ny. Aries Suradnyana Lepas Ratusan Tukik di Penimbangan

103
0
SHARE
Foto: Ny. Aries Sujati Suradnyana melepasliarkan ratusan tukik di pantai penimbangan.

Baktiseraga, Sebagai upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian dari Satwa Penyu, Ny. Aries Sujati melepas liarkan ratusan tukik ke alam liar

Bertempat di sebelah timur Pura Segara Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kec Buleleng, Kamis 20 Agustus 2020, Istri Bupati Buleleng, Ny. Aries Sujati didampingi, Kepala BKSDA Buleleng, Kadis  Ketahan Pangan dan Perikanan, Perbekel Desa Baktiseraga, Camat Buleleng, serta para undangan lainnya melepas liarkan 300 lebih anak penyu (tukik) di pantai penimbangan.

Sebelum melepaskan anak penyu, kegiatan Diwali dengan melaksanakan persembahyangan bersama menghadap kelaut yang dipimpin langsung oleh Jro Mangku Gede Widnyana yang juga selaku ketua Pokmaswas Penimbangan Lestari.

Seusai pelepasan tukik Ny. Aries Sujati mengungkapkan, adapun tujuan dari kegiatan pelepas  tukik ini merupakan sebagai wujud upaya menjaga keseimbangan dan kelestarian dari Satwa Penyu terutama yang bertelur disepanjang pantai Buleleng.”Kita ini sebenarnya punya misi disini bagaimana kita menyelamatkan lingkungan hidup salah satunya adalah melestarikan penyu yang bertelur disini,”ungkapnya.

Kepala Resort KSDA Buleleng Putu Citra Sudarmaya menjelaskan, perkembangan penyu yang bertelur dikawasan pantai penimbngan ini terus mengalami peningkatan bahkan hamper setiap malam ada saja penyu yang bertelur.”Kalau perkembangan penyu bertelur sangat luar biasa, bisa setiap malam bertelur disini,”pungkasnya.

Semetara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Ketapang) Buleleng Gede Melandrat, SP mengungkapkan, berbagai dukungan telah dilakukan pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Ketapang kepada kelompok masyarakat pengawan (Pokmaswas) Penimbangan Lestari dalam upaya menjaga kelestarian dan kebersihan di kawasan pantai dan laut Penimbangan.”DKPP menjadi bagian dari kehidupan yang ada di masyarakat Buleleng dan beberapa bantuan untuk snorkeling, dukungan yang sangat luar bisa. Dengan itu kami ingin menciptakan destinasi wisata tetapi ramah lingkungan,”terangnya.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.