Home Artikel Kesehatan Ini Dia Resep Mujarab Untuk Turunkan Hipertensi

Ini Dia Resep Mujarab Untuk Turunkan Hipertensi

1000
0
SHARE
Cara mengatasi hipertensi
Image by caramengatasihipertensi.com

Masalah tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi sering dialami kalangan lansia, namun tidak menutup kemungkinan jika kaum muda juga dapat mengalami permasalahan ini.

Tekanan darah manusia adalah sesuatu yang sangat labil karena dapat berubah tiap waktu, hanya dalam hitungan detik, tekanan darah seseorang bisa meningkat karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti misalnya emosi yang tidak terkendali.

Baca juga : Jenis-jenis penyakit jantung koroner

Pengendalian diri yang berkaitan dengan pengaturan pola hidup sangat penting dilakukan bagi penderita hipertensi. Nah disini akan dibahas beberapa resep ampuh yang dapat dipraktekkan di rumah bagi penderita hipertensi guna menjaga tekanan darahnya tetap stabil, beberapa hal yang dapat dicoba yaitu;
1.    Melakukan yoga
Yoga merupakan salah satu cara untuk merelaksasi pikiran melalui meditasi. Gerakan olah tubuh saat melakukan yoga dilakukan dengan menyelaraskan tubuh, pikiran dan jiwa. Melakukan yoga secara teratur bagi penderita hipertensi dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kestabilan tekanan darah, karena melalui gerakan yoga maka kadar adrenalin yang berkaitan dengan naiknya tekanan darah akan diturunkan.
2.    Terapi musik
Musik memiliki vibrasi yang positif untuk menenangkan pikiran. Dengan mendengarkan genre music tertentu yang kita sukai, hal itu dapat menenangkan pikiran kita. Nah, karena musik dianggap ampuh untuk menenangkan suasana hati maupun pikiran seseorang, maka di dunia medis banyak dilakukan penelitian mengenai manfaat music bagi penderita hipertensi, dan terapi musik menjadi salah satu cara mujarab untuk menjaga kestabilan tekanan darah penderita hipertensi. Dengan terapi musik, keadaan pikiran yang stress dapat diubah menjadi lebih adaptif. Semua jenis musik dapat digunakan saat terapi, namun biasanya musik yang disarankan sebagai acuan untuk terapi musik adalah jenis musik klasik.
3.    Humor
Manfaat tertawa bagi kesehatan sudah tidak asing lagi di pendengaran kita. Intinya laughing makes you getting healthier, jadi tertawalah sesering mungkin. Nah, lalu bagi penderita hipertensi, apa sih manfaat tertawa? Humor yang kerap disajikan pelawak dapat membuat penontonya tertawa terpingkal-pingkal. Mungkin tanpa kita sadari humor memberikan banyak manfaat positif baik secara fisiologis, psikologis, edukatif maupun social. Dampak fisiologis yang diberikan humor saat kita tertawa member pengaruh yang besar terhadap sistem tubuh seseorang yang meliputi saraf, peredaran darah, endorfin dan kekebalan tubuh.
Jadi bagi penderita hipertensi dapat mulai mencoba menerapkan resep-resep diatas untuk menjaga tekanan darahnya tetap stabil.
Cara mudah yang dapat dilakukan dirumah tanpa biaya yang besar untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat.
Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.