Home Artikel Kesehatan Ini Cara Menentukan Stadium Kanker Payudara

Ini Cara Menentukan Stadium Kanker Payudara

Ketika anda telah melakukan pemeriksaan pada payudara anda. Dan dokter member pernyataan bahwa sel kanker telah berkembang pada payudara anda, tentunya anda akan benar-benar panik bukan? Setelah mengetahui anda divonis oleh dokter, hal penting yang harus anda ketahui adalah mengenal dengan jelas stadium dari kanker payudara yang anda derita.

1662
0
SHARE
kanker payudara, kanker, stadium kanker
Image from womansday.com

Ketika anda telah melakukan pemeriksaan pada payudara anda. Dan dokter memberi pernyataan bahwa sel kanker telah berkembang pada payudara anda, tentunya anda akan benar-benar panik bukan? Setelah mengetahui anda divonis oleh dokter, hal penting yang harus anda ketahui adalah mengenal dengan jelas stadium dari kanker payudara yang anda derita.

Umumnya, setelah anda melakukan tes patologi, maka hasil tes akan menyertakan informasi mengenai stadium dari kanker payudara yang anda derita. Jadi dengan mengetahui stadium dari penyakit kanker yang diderita, maka sebagai pasien anda akan mengetahui apakah sel kanker hanya berkembang di salah satu payudara, atau sudah menyebar ke organ ataupun jaringan tubuh lainnya. Berdasarkan hasil patologi pun, dokter akan dapat menyarankan beberapa tindakan untuk mengatasi sel kanker yang berkembang, apakah itu berupa pengangkatan payudara atau beberapa terapi yang mungkin dapat dilakukan.

Jenis Pemeriksaan Klinis Pada Kanker Payudara?

Namun penting bagi anda untuk mengetahui, bahwa stadium kanker ditentukan oleh empat karakteristik, diantaranya:

Ukuran kanker

Ukuran dari kanker umumnya menunjukkan seberapa besar benjolan yang muncul pada payudara. Ukuran ini biasanya dalam bentuk millimeter atau sentimeter. Umumnya, semakin besar ukuran benjolan yang muncul maka semakin tinggi stadium dari penyakit kanker yang diderita. Namun terdapat beberapa kasus dimana pada kanker yang sudah tergolong ganas, benjolan berukuran kecil pun akan sangat bersifat agresif.

Jenis Kanker Invasif atau Non-invasif

Umumnya, kanker payudara bermula dari sel lobula, yaitu kelenjar yang menjadi tempat produksi ASI, atau saluran susu yang mengarah dari lobula ke putting. Hasil tes patologi akan menunjukkan apakah sel kanker telah menyebar dari sel lobula atau saluran susu ke jaringan lain atau belum. Jika sel kanker hanya bertempat pada sel lobula saja, dan tidak menyerang jaringan lain, makan jenis kanker tersebut merupakan jenis kanker non-invsif atau disebut juga sebagai pra kanker.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Kanker Berada di Kelenjar Getah Bening atau Tidak

Selama pemeriksaan payudara, dokter juga akan mengambil sedikit kelenjar getah bening di bawah ketiak, untuk mengetahui apakah kelenjar tersebut mengandung sel kanker atau tidak. Kelenjar getah bening berfungsi sebagai penyaring sepanjang cairan getah bening, dimana nantinya kelenjar ini akan menangkap sel kanker sebelum menyebar ke tempat lain. Jadi jika ditemukan kelenjar getah bening di bawah ketiak mengandung sel kanker, maka kemungkinan penyebaran kanker payudara semakin besar.

Kanker Telah Menyebar Ke Bagian Lain

Stadium dari penyakit kanker yang diderita juga dapat ditentukan dari penyebaran sel kanker. Apabila sel kanker sudah menyebar ke organ lain, maka semakin tinggi stadium dari sel kanker yang diderita.

Jadi itu dia beberapa karakteristik yang menentukan stadium kanker, sangat penting bagi penderita kanker untuk mengetahui stadium kanker yang diderita, agar pengobatan yang lebih optimal bisa terus dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.