Home Buleleng Round Up Hasilkan Buah Lebih Berkualitas, Irradiasi Gamma akan Dibangun di Buleleng

Hasilkan Buah Lebih Berkualitas, Irradiasi Gamma akan Dibangun di Buleleng

15
0
SHARE
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST (Baju endek ungu)

Kampung Bugis, Guna lebih mengembangkan potensi buah lokal di Bali, penanganan pasca panen harus dilakukan lebih maksimal. Ini diperlukan agar buah lokal Bali khususnya daerah Buleleng, Bali bagian timur, serta daerah lain kualitasnya bisa meningkat dan diserap pasar di Bali. Oleh karena itu, sarana irradiasi gamma akan dibangun di Buleleng.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, saat ditemui usai mengikuti kegiatan Diskusi Akhir Tahun Komunitas Jurnalis Buleleng (KJB) yang bertajuk “Enjok Enjing Kaje Kelod #2 (Menagih Janji)” di Gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Eks Pelabuhan Buleleng, Jumat siang.

Bupati Agus Suradnyana menjelaskan bahwa peningkatan kualitas buah lokal ini merupakan hasil diskusi panjang dengan Gubernur Bali, Wayan Koster. Pembangunan irradiasi gamma ini diawali dengan rencana revitalisasi Pasar Banyuasri.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan dibutuhkan dana sebesar 100 Milyar rupiah untuk membangun sebuah sarana irradiasi gamma. Dana sebesar itu akan diambil dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan atau kantor-kantor di Bali yang selama ini diberikan secara terbagi-bagi. “CSR ini kan di berikan pecah-pecah nih itu jumlahnya jika di kumpulkan jumlahnya besar. Ini saya minta ke gubernur untuk tahun depan di berikan ke buleleng kita bangun di buleleng sehingga bisa menyelesaikan masalah di karangasem, bangli dan buleleng sebagai pengahasil buahnya. Dengan iradiasi gama hamanya hilang. Lokasinya di desa Bila”,ungkapnya.

Dengan Irradiasi Gamma yang akan dibangun di Buleleng diharapkan nantinya mampu menopang dan mendorong pada sektor pertanian dan perkebunan khususnya buah-buah lokal yang dihasilkan dari Buleleng, Karangasem dan Bangli.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.