Home Buleleng Round Up Gelar Sispam Kota, Polisi Antisipasi Aksi Massa

Gelar Sispam Kota, Polisi Antisipasi Aksi Massa

48
0
SHARE

Banjar Jawa, Jajaran Polres Buleleng mengelar pelaksanaan Sistem Pengamanan Kota atau Sispam Kota dalam upaya mengantisipasi aksi massa yang tentunya berkaitan dengan pelaksanaan tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Buleleng.

Pelaksanaan sispam kota berlangsung hampir empat jam di Lapangan Bhuwana Patra Singaraja dengan melibatkan personil di Jajaran Polres Buleleng secara lengkap dengan melakukan simulasi penanganan aksi demontrasi massa yang mendatangi Sekretariat KPU Kabupaten Buleleng berkaitan dengan pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

Wakapolres Buleleng, Kompol Ronny Riantoko mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai kesiapan Polres Buleleng untuk pengamanan Pemilu 2019 dan dilakukan secara bertahap untuk mengingatkan kembali pola-pola penanganan yang dilakukan.

Wakapolres Ronny Riantoko menegaskan, kegiatan dalam sispam kota yang dilakukan lebih menekannya pada upaya penanganan dan pencegahan terkait aksi-aksi massa yang berkaitan dengan tahapan Pemilu 2019. “Pengamanan kami prioritaskan pada tindakan preventif dan preentif. Meskipun tahapan paling krusial kami sudah siap”,jelasnya.

Dalam pelaksanaan sispam kota dengan melibatkan 350 personil di Jajaran Polres Buleleng, dalam skenario yang disusun diawali dengan kehadiran sejumlah massa di Sekretariat KPU Buleleng hingga polisi yang berjaga melakukan siaga, bahkan dengan kondisi yang tidak memungkinkan kekuatan pengamanan di KPU Buleleng akhirnya ditambah.

Kehadiran massa tidak dapat dikendalikan polisi yang berjaga di KPU Buleleng hingga kemudian kekuatan Dalmas dengan berbagai peralatan lengkap didatangkan untuk menghalaui massa, bahkan dalam simulasi yang dilakukan juga diperagakan evakuasi terhadap anggota KPU Kabupaten Buleleng yang dilakukan Tim Khusus dengan mengunakan mobil APC Tambora (Armoured Personal Carrier).

Sebagai akhir dalam skenario itu, massa akhirnya diberikan peringatan namun tetap membandel dan langkah penanganan dilakukan oleh Pasukan Dalmas dengan mengerahkan seluruh kekuatan dalmas termasuk melibatkan mobil Armoured Water Cannon (AWC) yang menghalau massa dengan semprotan air bertekanan tinggi.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.