Home Buleleng Round Up Gamelan Saba Di Desa Pedawa

Gamelan Saba Di Desa Pedawa

88
0
SHARE

Pedawa, Desa Pedawa di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng memiliki seperangkat Gamelan yang sangat disakralkan, karena Gamelan tersebut hanya dimainkan pada hari-hari tertentu.

Desa Pedawa merupakan salah satu desa tua yang ada di Bali. Desa Pedawa merupakan bagian dari Bali Aga yang terdiri dari Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Banyuseri itu sendiri atau yang lebih dikenal dengan kawasan SCTPB. Banyak hal unik dan menarik yang terdapat dalam desa ini, Salah satunya keberadaan Gamelan Saba yang sangat disakralkan oleh masyarakat Desa Pedawa.

Disebut Gamelan Saba karena gamelan ini hanya dimainkan saat ada Upacara Saba di Desa Pedawa, Upacara Saba merupakan upacara yang dilaksanakan di Desa Adat Pedawa karena di Desa Adat Pedawa tidak mengenal istilah Piodalan, Gamelan Saba digunakan untuk mengiringi  prosesi upacara maupun pengiring beberapa tarian khas yang  ada di Desa Adat Pedawa.

Masyarakat Desa Adat Pedawa menyebut perangkat gamelan tersebut dengan sebutan Derben Desa, sedangkan untuk para penabuh disebut dengan Sekaan Gambel. Secara fisik, sepintas Gamelan yang ada di Desa Adat Pedawa memiliki kemiripan dengan gamelan Selonding yang ada dibeberapa daerah di Bali.

Salah seorang juru gamel atau penabuh Nyoman Suana menjelaskan,  Gamelan Saba yang ada di Desa Adat Pedawa terdiri dari sepuluh jenis instrument mulai dari, Punggang, Penengah, Reong, Penerus, Gangsa Selonding, Gong Besar, Gong Kecil, Bende, Kempul, Kendang Lanang-Wadon dan Ceng-ceng.

Bendesa Adat Pedawa Wayan Sudiastika mengungkapkan, Gamelan Saba Desa Adat Pedawa memiliki keunikan tersendiri dimana setiap tabuh tidak bisa dimainkan sembarangan, karena setiap tabuh menjadi pengiring kegiatan upacara. Hal tersebut membuat  keberadaan Gamelan Saba beserta tabuhnya sangat disakralkan oleh masyarakat di Desa Adat Pedawa.(eta/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.