Home Buleleng Round Up Gali Kreativitas Anak, FAD Buleleng Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi

Gali Kreativitas Anak, FAD Buleleng Gelar Lomba Cipta dan Baca Puisi

34
0
SHARE

Penarukan, Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Buleleng menggelar lomba cipta dan baca puisi untuk lebih menggali kreativitas yang dimiliki anak Buleleng.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng kembali mengadakan Bahana Kreasi Anak (BKA) yang ke-5.  Tahun ini  diadakan lomba menggambar, bercerita, handcraft, fashion show, cipta dan baca puisi, serta design poster digital. BKA ke-5 digelar selama 3 hari tanggal 24-26 Agustus di SMAN 3 Singaraja dan Taman Yowana Asri.

Di hari kedua, lomba cipta dan baca puisi dan menggambar diadakan di SMA N 3 Singaraja. Tampak sejumlah peserta cipta dan baca puisi sangat hening dan berkonsentrasi penuh dalam menciptakan puisi mereka. Selanjutnya peserta membacakan puisi di depan 3 orang juri yang berasal dari bidang yang berbeda.

Ketua Panitia BKA ke-5 Ngurah Bagaskara Mudiarta menyampaikan untuk menggali krativitas maka peserta tidak hanya sekedar membaca puisi, namun juga menciptakan puisi mereka sendiri. “Dengan menciptakan puisi dihrapkan peserta dapat menyuarakan kreatifitasnya di atas panggung,”ungkap Bagas.

Ketua Panitia Ngurah Bagaskara menambahkan tema “Suara Kreatifitas Kita” (Spekta) dipilih pada BKA ke-5. Dengan sub tema “Atlantis” diharapkan generasi muda dapat menjaga lingkungan utamanya dari sampah plastik. “Kita bernuansa laut, kita mempertegas laut indonesia sudah banyak yang tercemar. Dari hal kecil panitia sudah tidak menggunakan air kemasan plastik, namun menggunakan galon dan masing-masing panitia membawa tumbler,”,jelasnya.

Lomba cipta dan baca puisi diikuti oleh 14 peserta yang berasal dari SMA/SMK di Buleleng, sedangkan untuk lomba bercerita dan menggambar diikuti oleh 22 siswa SD. Selain itu adapula lomba membuat kerajinan tangan dari barang bekas dan poster digital yang akan diikuti oleh siswa SMP dan SMA. Lomba mewarnai dan fashion show yang diikuti peserta dari TK dan Paud. Dalam perlombaan akan dicari 5 pemenang dengan juara 1,2, dan 3 mendapatkan uang pembinaan dan piala, selanjutnya juara harapan 1 dan 2 mendapatkan piagam. Khusus untuk lomba cipta dan baca puisi diberian hadiah tambahan masing-masing sebuah buku dari juri.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.