Home Buleleng Round Up Dirikan LSP, Undiksha Tingkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi

Dirikan LSP, Undiksha Tingkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi

59
0
SHARE

Banjar Tegal, Dengan didirikannya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), kualitas lulusan Undiksha khususnya dari program Studi Vokasi meningkat sehingga dapat bersaing di dunia industri.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) tak henti-hentinya membuat  terobosan untuk mengingkatkan daya saing lulusan di dunia industri. Selain menggenjot kualitas dari segi kurikulum, kini Undiksha mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pihak 1 guna membekali lulusan dengan Sertifikat Kompetensi. LSP Pihak 1 yang didirikan Undiksha secara resmi telah dilisensi dan diberikan SK oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jumat (24/01) lalu.

Tim BNSP yang diketuai Bonardo Aldo Tobing didampingi salah seorang anggota wulandari menjelaskan beberapa proses telah dilewati sebelum memberikan lisensi. Salah satunya dengan uji witness untuk memastikan dan menjamin akuntabilitas dan keabsahan pelaksanaan uji kompetensi di LSP Undiksha sesuai dengan ketentuan BNSP. “Kita fokus dalam 4 aspek, pendaftaran sampai keputusan sertifikasi. Yang penting kami lihat prosesnya dari awal,”ujarnya.

Pada kunjungan itu, juga dilakukan observasi lapangan dengan menyasar aktivitas bidang perhotelan yang berlokasi di Fakultas Teknik dan Kejuruan dan Edutel Undiksha. Secara umum, kesiapan LSP Undiksha dinilai sudah cukup baik. Namun demikian diharapkan tetap perlu ada perbaikan yang berimbas pada peningkatan kualitas.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., mengatakan LSP sangat penting untuk Undiksha yang memiliki 16 Prodi Vokasi. Melalui lembaga ini, mahasiswa akan bisa langsung mengikuti uji kompetensi, tanpa lagi melalui pihak lain. “Ini tidak hanya untuk Undiksha, namun bisa untuk sekolah lain sehingga kita bisa menjadi pelaksana juga. Pengusulan ini juga tidak mudah kita usulkan dari 2 tahun lalu karena BNSP itu lembaga independen sehingga tidak mudah memberikan SK,” katanya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.