Home Buleleng Round Up Dinas Koperasi Ancam Tutup Koperasi Tanpa Rapat Anggota Tahunan

Dinas Koperasi Ancam Tutup Koperasi Tanpa Rapat Anggota Tahunan

16
0
SHARE

Kaliuntu, Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Buleleng mengancam akan menutup Koperasi yang tidak melaksanakan rapat Anggota Tahunan, RAT tiga bulan setelah tutup buku.

Dinas Koperasi dan UKM Buleleng secara kontinyu melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan, RAT Koperasi. Hal itu disampaikan Kadis Koperasi dan UKM Buleleng Made Budi Astawa di ruang kerjanya Senin (12/02/2018).

Dalam setiap kesempatan Kadis Koperasi dan UKM Buleleng Made Budi Astawa menggelorakan semangat kepada para pengurus Koperasi untuk memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi. Dalam ketentuan itu  mengatur bahwa sebuah koperasi dinyatakan sehat jika mampu menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan. Adapun tenggang waktu yang ditoleransi untuk melakukan RAT yakni tigabulan setelah tutup buku atau paling lambat bulan Maret. Sekiranya ada koperasi yang tidak melaksankaan RAT hingga bulan Maret maka Dinas Koperasi setelah melakukan pembinaan melalui Klinik Koperasi yang dibangunnya sejak Bulan Juni lalu hingga tigakali berturut-turut tidak segan untuk melaporkannya kepada Kementerian Koperasi untuk dilakukan penutupan usaha dimaksud. “Mau tidak mau harus bersikap tegas harus kita cabut, kalau sampai koperasi itu ijinnya kita cabut nanti urusannya melebar. Terkait dengan koperasi itu yag sifatnya ilegal apakah nanti kreditnya dibawah itu ilegal dan sebagainya, nanti sangat riskan. Oleh karena itu kita selalu mewanti-wanti kepada seluruh gerakan koperasi supaya diusahakan lah semaksimal mungkin untuk melakukan RAT karena salah satu syarat koperasi itu disebut sehat minimal dia melaksanakan RAT sekurang-kurangnya satu kali setiap tahun”, ungkapnya.

Dari hasil pemantauan yang telah dilakukan menurut Kadis Koperasi dan UKM Buleleng Made Budi Astawa persoalan menurunnya jumlah anggota Koperasi menjadi salah satu keluhan pengurus koperasi, terutama Koperasi Pegawai Negeri. Hingga akhir bulan Januari lalu, dari 330 Koperasi yang ada sebanyak 39 Koperasi dari berbagai jenis di Buleleng telah melakukan Rapat Anggota Tahunan, RAT.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.