Home Buleleng Round Up Desa Panji Deklarasikan Layak Anak

Desa Panji Deklarasikan Layak Anak

82
0
SHARE

Panji, Desa Panji menjadi desa kedua setelah desa Gitgit yang secara mandiri mendeklarasikan sebagai desa layak anak.

Menjalankan apa yang ada dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2011 tentang Kebijakan Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak dan Perda Kabupaten Buleleng Nomor 4 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak, Desa Panji Kecamatan Sukasada berhasil mendeklarasikan desa Layak Anak secara mandiri. Deklarasi tersebut dilakukan Pemerintah Desa Panji bersama Forum Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Desa Panji serta anak-anak TK Tunas Mekar di Monumen Bhuwana Kerta, Selasa 01 Desember 2020.

Deklarasi itu menekankan pada pemenuhan hak-hak anak, menyediakan rumah unuk perlindungan anak yang berkebutuhan khusus, dan mendahulukan mediasi sebagai proses penyelesaian bagi anak yang tersandung kasus hukum serta perlindungan dari eksploitasi.

Usai deklarasi Perbekel Desa Panji Made Ariawan mengatakan secara berkelanjutan akan melahirkan program-program inovasi untuk menjadikan desa Panji sebagai inspirasi bagi desa lain dan mendukung Kabupaten Buleleng sebagai Kabupaten Layak Anak, KLA. Bahkan setahun sebelum deklarasi, pemerintah desa menurutnya telah membangun beberapa fasilitas ramah anak. “Kami juga dapat bantuan dari pemkab Buleleng berupa trasnportasi untuk siswa. Pada prinsipnya masyarakat kami adalah majemuk, dan kami selalu berikan edukasi bagaimana mereka untuk selalu menyayangi keluarga dan meninggikan martabat perempuan dan anak,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, P2KBP3A Made Arya Sukerta menjelaskan desa layak anak merupakan turunan dari raihan kabupaten layak anak yang telah di peroleh Kabupaten Buleleng sebelumnya. Selanjutnya dari desa layak anak tersebut akan dilakukan evaluasi terkait pemenuhan hak-hak anaknya. “Karena konsekuensi logis dari penetapan desa layak anak adalah adanya perlindungan yang nyata kepada anak. Dari segi dana desa harus bisa mengcover. Kemudian tindakan nyata apa yang dilakukan kepada anak secara preventif dan kuratif. Kalau sudah berjalan saya harap desa-desa lain terinspirasi untuk menjadikan desanya layak anak,”terangnya.(ags/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.