Home Buleleng Round Up Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak Pansus Perlindungan Perempuan Akan Libatkan Desa Pakraman

Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak Pansus Perlindungan Perempuan Akan Libatkan Desa Pakraman

49
0
SHARE

Paket Agung, Panitia Khusus, pansus Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan akan melibatkan desa Pakraman dalam upaya mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Usulan itu disampaikan Wayan Rideng salah seorang tim ahli bidang hukum DPRD Buleleng Senin (11/02) di gedung dewan saat berlangsungnya pembahasan Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan, di Ruang Rapat Komisi I DPRD Buleleng. Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Pansus I DPRD Buleleng Made Mangku Ariawan berlangsung lancar. Menurut Rideng desa pakraman memiliki eksistensi yang sangat kuat di masyarakat Bali. Oleh karenanya dipandang perlu merangkul desa pakraman untuk mencegah tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Tim ahli DPRD Buleleng Wayan Rideng menambahkan langkah lanjutan yang perlu dibuat oleh masing-masing desa pakraman adalah membuat awig atau minimal perarem untuk mendukung ranperda yang kini sedang dibahas terutama yang mengatur hal-hal yang tak diatur dalam hukum positif, baik itu dalam KUHP maupun Undang-Undang Perlindungan Anak. “Kita melihat barang kali di masing-masing desa adat memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada barangkali disana bagian-bagian yang menghadapi pawongan yang didasarkan dalam kondisi begini. Efektifnya itu kita berikan ruang dulu dalam rangka menyelesaikan jangan sampai tidak diberikan kesempatan akan bermuara yang lebih besar. Ini yang kita antisipasi tentu nanti kita evaluasi apakah perlu pengaturan pada awig-awig ini perlu catatan tersendiri jangan penyelesaian saja tapi tidak ada dasarnya. Tetapi harus diatur melalui awig-awig atau perarem”,jelasnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.