Home Artikel Kesehatan Cegah Kanker Prostat Dengan Makanan Ini

Cegah Kanker Prostat Dengan Makanan Ini

Sama halnya dengan wanita, organ vital seorang pria juga rentan terserang penyakit kanker. Apabila wanita menghadapi risiko terjangkit kanker payudara dan kanker rahim, namun berbeda dengan kaum pria. Pria memiliki risiko menghadapi ancaman kanker prostat.

1163
0
SHARE

Sama halnya dengan wanita, organ vital seorang pria juga rentan terserang penyakit kanker. Apabila wanita menghadapi risiko terjangkit kanker payudara dan kanker rahim, namun berbeda dengan kaum pria. Pria memiliki risiko menghadapi ancaman kanker prostat. Jenis kanker ini merupakan kanker kedua yang diketahui menyerang para kalangan pria hampir di seluruh dunia. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan jika satu dari setiap enam pria di Amerika serikat mengidap kanker jenis ini. Disamping itu, hampir 99 persen diyakini jika kasus kanker prostat yang terjadi pada pria pada rentangan usia di atas 50 tahun.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Dan hal yang menjadi kekhawatiran di dunia medis dan tentunya bagi pasien kanker prostat yaitu belum ditemukannya pengobatan yang ampuh untuk mengobati kanker ini. Maka dari itu, satu-satunya hal yang dapat dilakukan oleh para pria untuk saat iniadalah mencegah kedatangan dari penyakit kanker prostat ini. Dan salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan mengonsumsi beberapa makanan-makanan yang dapat menurunkan risiko untuk terjangkit kanker prostat. Apa saja makanan tersebut?

5Ikan berlemak

Image by sehatharga.com

Beberapa jenis ikan berlemak seperti salmon, sarden, tuna dan juga hering kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yang mana kandungan ini sering dikaitkan sebagai salah satu hal yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker.

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker

Nah itulah dia beberapa makanan yang dapat dikonsumsi bagi pria untuk menurunkan risiko terjangkit kanker prostat. Seperti yang kita ketahui jika belum ada pengobatan yang pasti untuk kanker jenis ini, sehingga sangat disarankan bagim semua pria untuk melakukan pencegahan dini terhadap ancaman kanker prostat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

4Tomat

Image from sehat.link

Buah tomat memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Tomat yang disarankan untuk dimakan yaitu tomat yang sudah dimasak. Tomat bisa diolah menjadi sup tomat, saus ataupun pasta tomat. Hal ini karena likopen terikat erat ke dinding sel, sehingga jika tomat dikonsumsi dalam kondisi mentah akan lebih sulit untuk dikonsumsi tubuh.

3Sayuran

Image from disehat.com

Beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, bayam dan kankung dipercaya sebagai jenis sayuran yang dapat mencegah kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika konsumsi sayuran secara rutin dapat menurunkan risiko terjangkit kanker prostat.

2Teh hijau

Image by hariansehat.com

Tidak dapat dipungkiri jika konsumsi teh hijau secara rutin dapat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk salah satunya mengurangi risiko terserang kanker. Teh hijau memiliki suatu kandungan yang disebut katekin, EGCG, dan peicatechin yang merupakan senyawa polifenol, yang mana senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat.

1Kedelai dan kacang-kacangan

Image by ceritaperut.com

Kedelai dan kacang-kacangan mengandung bahan kimia makanan yang disebut phytoestrogen. Zat tersebut juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjangkit kanker prostat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.