Home Buleleng Round Up BNNK Lakukan Tes Urine di Lapas Singaraja

BNNK Lakukan Tes Urine di Lapas Singaraja

30
0
SHARE

Paket Agung, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Buleleng melakukan tes urine terhadap empat puluh lima pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja.

Tes urine yang dilakukan BNNK Buleleng merupakan salah satu gerakan pembersihan terhadap penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Buleleng. Pada Jumat (11/10) pagi, BNNK Buleleng menyasar Lapas Kelas II B Singaraja untuk melakukan tes urine. Ter urine dilakukan terhadap empat puluh lima pegawai dari delapan puluh satu pegawai yang ada. Sementara sisanya telah dilakukan tes secara mandiri oleh Lapas Kelas II B Singaraja. Tes urine ini merupakan salah satu upaya deteksi dini yang dilakukan oleh BNNK Buleleng. Dari tes urine yang dilakukan itu hasilnya seluruh pegawai dinyatakan negative narkoba.

Kepala BNNK Buleleng I Gede Astawa menjelaskan, lapas merupakan salah satu tempat yang rawan untuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Kegiatan itu terus digencarkan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 bahwa seluruh instansi baik swasta maupun pemerintahan harus melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja Risma Somantri mengatakan, tes urine tidak saja dilakukan terhadap pegawai Lapas namun juga terhadap warga binaan yang berjumlah 97 orang. Diakui pula terdapat satu orang warga binaan yang baru ditangkap positif narkoba. “Warga binaan masih ada yang samar-samar positif karena memang ada jangka waktunya untuk bisa hilang, namun untuk antisipasi kita anggap itu positif,”ujarnya.

Kepala BNNK Buleleng I Gede Astawa menambahkan, hingga kini terdapa 64 warga Buleleng yang direhabilitasi di Denpasar dan Bangli. Sebab di Buleleng belum memiliki tempat untuk melakukan upaya rehabilitasi terhadap warga pamakai barang terlarang tersebut.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.