Home Buleleng Round Up Anggota Baru DPRD Buleleng Resmi Dilantik

Anggota Baru DPRD Buleleng Resmi Dilantik

25
0
SHARE

Paket Agung, Anggota baru DPRD Buleleng periode 2019-2024 resmi dilantik.

Pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD periode 2019-2024 dilaksanakan kamis (15/08) siang di ruang sidang utama DPRD Buleleng. Dalam pelantikan 45 anggota DPRD Buleleng periode lima tahun kedepan itu, ada sebanyak 14 anggota baru. Seperti dibacakan sekwan Dewa Ketut Manuaba.

Sebelumnya para anggota dewan periode 2019-2024 mengikuti prosesi mejaya-jaya di pura padmasana kantor DPRD Buleleng. Prosesi tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Mas Widiya Putra dari geria Taman Mas Liligundi Singaraja.

Usai mejaya-jaya dilanjutkan dengan pengambilan sumpah janji dan pelantikan yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Singaraja I Wayan Sukanila, SH.,MH. Dalam pengambilan sumpah turut disaksikan oleh Bupati Buleleng, Wakil Bupati, Pimpinan SKPD serta undangan lainnya.

Pimpinan DPRD Kabupaten Buleleng sementara dipegang oleh Gede Supriatna.SH dari PDI Perjuangan dan didampingi oleh Ketut Susila Umbara.SH dari Partai Golkar. Hal tersebut merupakan kesepakatan berdasarkan peraturan dan mekanisme yang ada karena PDIP memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu sebelumnya sedangkan Partai Golongan karya di urutan kedua.

Dalam sambutan Gubernur Bali yang dibacakan oleh Bupati Buleleng, Gubernur Bali Wayan Koster ingin agar kesetaraan Bali bagian Utara dan Selatan diperjuangkan dengan sungguh-sungguh sesuai visi nangun sat kerthi loka bali melalui pembangunan semesta berencana.

Ditemui usai pelantikan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berpesan agar kemitraan antara DPRD dan Pemkab Buleleng semakin kuat untuk membangun Buleleng.

Bupati PASS menambahkan anggota DPRD Buleleng harus denan tulus untuk melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya.”Kalau kita di PDI perjuangan khusus di Bali lewat ketua DPD berkali-kali diwanti agar tidak menyalahgunai kewenangan. Jadi dilaksanakan dengan niat yang tulus dalam membangun daerah ini,”ujarnya.

Ketua DPRD Buleleng sementara Gede Surpriatna menjelaskan selama dua minggu kedepan akan ada pembentukan tata tertib yang terbaru. Pasalnya tata tertib yang digunakan masih berupa PP No 12 tahun 2018 tentang tata tertib dewan perwakilan rakyat provinsi, kabupaten/kota. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan DPRD provinsi untuk memastikan jika ada tata tertib terbaru.

Lebih lanjut Gede Supriatna menjelaskan setelah dibentuknya tata tertib maka selanjutnya akan dilakukan pelantikan pimpinan definitive. “Kita tunggu surat dari partai-partai sambil menunggu SK Gubernur. Setelah itu baru kita melangkah ke alat kelengkapan dewan. Mudah-mudahan segera clear sehingga kita bisa running untuk tugas di DPRD,”ungkapnya.

Salah seorang anggota DPRD Buleleng periode 2019-2024 Luh Gede Herryani mempunyai trik khusus untuk menjaga anggota fraksi partai Demokrat agar tidak terjerat kasus korupsi.

Lalu apa tanggapan Luh Gede Herryani yag juga selaku Ketua DPC Demokrat Buleleng saat ditanya soal koalisinya bersama PDIP?? “Hari ini saya tanda tangan koalisi. Untuk pembagian tugas itu urusan nanti. Kita akan utamakan kinerja dulu,”jelasnya.

Peresmian pemberhentian dan pelantikan anggota DPRD Buleleng periode 2019-2024 diakhiri dengan berjabat tangan dan makan bersama anggota DPRD dengan eksekutif dan para undangan.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.