Home Buleleng Round Up 810 KPM PKH Tahun 2019 di Graduasi

810 KPM PKH Tahun 2019 di Graduasi

29
0
SHARE

Singaraja, Sebanyak 810 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Buleleng tahun 2019 telah berhenti mengikuti Program Keluarga Harapan (PKH).

Program PKH merupakan salah satu dari 13 program penanggulangan kemiskinan milik Dinas Sosial Kabupaten Buleleng. PKH menyasar komponen masyarakat dengan kategori seperti balita, apras, ibu hamil, anak sekolah (SD-SMA/SMK), dan kategori disabilitas berat dalam keluarga dan lansia dalam keluarga. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Gede Sandhiasa mengatakan beberapa KPM keluar atau graduasi dari program PKH karena komponen sudah habis atau tidak lagi masuk dalam kriteria, serta pindah alamat.

Kadis Sosial Sandhiasa menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat desa terkait KPM yang sudah mampu tapi belum keluar dari PKH yang setiap bulan akan dievaluasi dan dibuatkan SK untuk BDT di (pusat data dan informasi) Pusdatin Kementrian Sosial selama 6 bulan sekali. Namun demikian jumlah KPM yang graduasi meningkat dari tahun ke tahun. “Karena yang sering kami temukan di lapangan, yang namanya bantuan pemerintah semua menuntut. Namun disatu sisi yang dapat tapi sudah mampu malah tidak mau keluar. Ini artinya kesadaran masyarakat kurang sehingga kami harus mengeluarkan dengan cara musyawarah desa/kelurahan,”ujarnya.

Adapun jumlah KPM PKH yang telah graduasi tahun 2017 sebanyak 217 kpm, tahun 2018 sebanyak 463 kpm, tahun 2019 sebanyak 810 kpm.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.