Home Artikel Kesehatan 6 Makanan Penghilang Rasa Sedih

6 Makanan Penghilang Rasa Sedih

Sedih adalah sebuah emosi manusia yang ditandai dengan perasaan ketidakberuntungan, kehilangan bahkan kegagalan. Seseorang yang mengalami kesedihan biasanya cenderung berdiam diri dan nampak tidak mempunyai semangat sedikitpun. Semua manusia normal pasti pernah mengalami hal ini.

1591
0
SHARE
Cara mengatasi sedih, makanan yang dapat mengatasi kesedihan
Image by ilovehdwallpapers.com

Sedih adalah sebuah emosi manusia yang ditandai dengan perasaan ketidakberuntungan, kehilangan bahkan kegagalan. Seseorang yang mengalami kesedihan biasanya cenderung berdiam diri dan nampak tidak mempunyai semangat sedikitpun. Semua manusia normal pasti pernah mengalami hal ini.

Beberapa orang memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan rasa sedih. Seperti contohnya jalan-jalan, menyendiri, menemui teman dan masih banyak lagi tergantung dengan karakter masing-masing orang. Jika kesedihan terus berlanjut dalam diri, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kita. Karena banyak orang yang terlalu lama sedih tidak memiliki nafsu makan bahkan ada yang sampai mencelakakan dirinya.

Nah, ternyata kesedihan ini bisa kita atasi dengan makanan-makanan tertentu. Seorang professor nutrisi di CUNY School of Public Health, Hunter College, New York mengatakan bahwa pelepasan hormone serotin dalam tubuh dapat dirangsang dengan makanan manis. Hormon ini sangat penting untuk menjaga suasana hati. Untuk itu mari kita simak makanan-makanan yang dapat dikonsumsi saat mengalami kesedihan.

Baca juga: 6 Makanan Sehat Untuk Meredakan Amarah

Sup

Sebagian orang percaya bahwa Sup dapat mengobati kesedihan. Selain itu makanan ini juga mengandung karbohidrat yang mampu menjaga perut tetap kenyang. Tidak hanya itu, kehangatan dan aroma sup yang nikmat juga dapat memicu perasaan senang sehingga dapat mengusir rasa sedih.

Buah

Beberapa buah-buahan segar mengandung gula. Sebut saja contohnya apel atau pir. Dua jenis buah ini mengandung gula yang dapat menimbulkan rasa manis. Selain itu buah ini juga kaya akan serat yang mampu mengurangi naiknya kadar hormon insulin pada tubuh.

Telur

Kandungan asam amino yang ada pada telur mampu bertindak sebagai adrenalin. Tidak hanya itu, telur juga mengandung banyak protein yang mampu membuat rasa kenyang yang kita rasakan menjadi lebih lama.

Kacang

Untuk menjaga mood, jenis kacang-kacangan seperti almond sangat baik untuk dikonsumsi. Jadi, saat kesedihan melanda diri, kacang almond dapt dikonsumsi untuk mengusir perasaan sedih ini. Satu hal yang perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi makanan ini terlalu banyak karena dapat memiliki kadar kalori yang tinggi.

Ayam

Ayam memiliki protein dan asam amino yang sam halnya dengan telur. Makanan ini juga dapat dikonsumsi saat sedih. Untuk menghindari lemak, ada baiknya mengkonsumsi ayam panggang tanpa kulit.

Pasta gandum

Kandungan serat yang dimiliki oleh makanan ini mampu membuat perasaan kenyang yang lebih lama. Untuk itu makanan ini bisa dikonsumsi untuk mengusir sedih.

Itulah beberapa makanan yang dapat dicoba untuk mengusir perasaan sedih.

Semoga bermanfaat.

Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.