Home Buleleng Round Up Tumbuhkan Kesadaran Hukum Bagi Warga Binaan, UNIPAS Lakukan Penyuluhan

Tumbuhkan Kesadaran Hukum Bagi Warga Binaan, UNIPAS Lakukan Penyuluhan

128
0
SHARE

Paket Agung, Guna menumbuhkan kesadaran hukun dikalangan warga binaan Lapas Kelas II B Singaraja, Fakultas Hukum Unipas Singaraja lakukan penyuluhan hukum.

Menumbuhkan kesadaran hukum, dilakukan dengan mendatangkan para praktisi dan akademisi hukum untuk memberikan pendidikan hukum terhadap warga binaan, seperti yang dilakukan oleh dosen Fakultas Hukum Universitas Panji Sakti yang memberikan penyuluhan hukum terkait dengan eksistensi Narapidana dan Penereapan HAM di Lapas Kelas II B singaraja.

Penyuluhan hukum ini berlangsung selama tiga jam, pada Kamis 29 Agustus 2019. Seluruh warga binaan mengikuti penguyuluhan hukum dengan baik dan seksama, bahkan saat sesi diskusi, tiga orang wargabinaan bercerita tentang perlakuan aparat hukum saat mereka menjalani proses hukum dari penangkapan hingga putusan pengadilan. Para warga binaan merasa mengalami ketimpangan perlakuan hukum, yang berdampak pada lamanya vonis hukuman yang mereka terima. Penjelasan secara sederhana diberikan oleh para dosen FH Unipas terkait dengan asas  yakni perlakukan yang sama di mata hukum.

Dekan Fakultas Hukum Unipas Dr. Nyoman Gede Remaja, S.H, M.H, mengatakan dimata hukum semua orang itu sama, namun terkadang terdapat oknum penegak hukum yang bertindak kurang sesuai, maka dengan itu, kehadiran FH Unipas ditengah-tengah warga binaan untuk memberikan pemahaman tentang hukum, sehingga diharapkan warga binaan setelah keluar dari Lapas tidak lagi mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.”Narapidana juga mendapatkan hak untuk penyuluhan hukum. Kedepan kita harapkan mereka tidak lagi melakukan perbuatan jahat, karena perbuatan jahat diawali dengan ketidak tahuan terkait hukum,”ujarnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Singaraja Risman Somantri, menyambut baik dengan kegiatan yang dilakukan oleh FH Unipas, yang telah menjalin kerjasama untuk turut serta memberikan pendidikan hukum terhadap wargabinaan. Diharapkan kedepannya ada warga binaan yang memenuhi syarat dapat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi selama menjalani masa tahanan, dan FH Unipas dapat memfasilitasi mereka untuk meningkatkan kemampuan mereka.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.