Home Buleleng Round Up Rumah Pengabuan Memudahkan Umat Hindu Melakukan Yadnya

Rumah Pengabuan Memudahkan Umat Hindu Melakukan Yadnya

38
0
SHARE

Singaraja, Rumah pengabuan yang lebih dikenal dengan Krematorium Suka Duka Pengemong Pura Dalem Desa Adat Buleleng telah memudahkan umat Hindu dari berbagai tempat untuk melakukan upacara pitra yadnya termasuk upacara yadnya lainnya, bahkan biaya yang dikeluarkan lebih ringan.

Tantangan umat Hindu kedepan dengan berbagai pelaksanaan rangkaian upacara yadnya akhirnya terjawab dengan keberadaan Rumah pengabuan atau Krematorium yang dikelola Suka Duka Pengemong Pura Dalem Desa Adat Buleleng, utamanya berkaitan dengan pelaksanaan Upacara Pitra Yadnya, namun demikian keberadaan pelayanan untuk umat tersebut sebagian besar baru dimanfaatkan masyarakat dari luar Kecamatan Buleleng termasuk dari luar Kabupaten Buleleng maupun Provinsi Bali.

Pendiri sekaligus pengelola Rumah pengabuan atau Krematorium Suka Duka Pengemong Pura Dalem Desa Adat Buleleng, Jro Mangku I Made Dharma Tanaya, Rabu 31 Maret 2021 mengakui untuk sementara pelaksanaan rangkaian upacara atau yadnya masih didominasi dengan kegiatan Pitra Yadnya yang lebih dimanfaatkan masyarakat diluar Kecamatan Buleleng. “Memang 70 persen diluar kecamatan Buleleng, mungkin ini praktis dan dibuat sangat sederhana harapan saya umat bisa melakukan srada bakti,”ujarnya.

Jro Mangku Dharma Tanaya mengatakan, dalam proses yang dilakukan secara terpadu dan bertahap juga masih ditemukan adanya sejumlah kekurangan sehingga langkah evaluasi masih tetap dilakukan untuk pelayanan yang terbaik bagi umat yang melaksanakan yadnya. “Moto kami adalah semakin hari semakin baik, itu setiap hari kami perbaiki dan evaluasi walaupun ada kekurangan kita akan tetap perbaiki,”ungkapnya.

Dalam proses pelayanan yang diberikan kepada umat hindu yang tidak saja mencangkup karma Desa Adat Buleleng dibagi dalam tiga paket pelayanan, khususnya terhadap pelaksanaan upacara pitra yadnya diantaranya, Mekinsan di Geni dengan harga paket 6 juta rupiah, Ngaben Alit Minus Nyekah dengan harga 10 juta rupiah dan ngaben secara lengkap ditambah ngelinggihang dam nyegara gunung dengan harga 15 juta rupiah.(tha/dpa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.