Home Artikel Kesehatan Solusi Sehat Melancarkan Buang Air Kecil

Solusi Sehat Melancarkan Buang Air Kecil

Buang air kecil terjadi pada saat tubuh kita kelebihan cairan sehingga harus dibuang melalui proses ini. Dalam keadaan normal, buang air kecil bukan masalah untuk dilakukan. Buang air kecil juga menunjukkan bahwa seseorang dalam keadaan sehat.

1373
0
SHARE
Buang air kecil, tidak lancar buang air kecil
Image by sehatfresh.com
Buang air kecil terjadi pada saat tubuh kita kelebihan cairan sehingga harus dibuang melalui proses ini. Dalam keadaan normal, buang air kecil bukan masalah untuk dilakukan. Buang air kecil juga menunjukkan bahwa seseorang dalam keadaan sehat.

Sering menahan buang air kecil bisa berdampak buruk bagi tubuh. Infeksi yang terjadi pada organ saluran kencing dapat berujung pada ketidaklancarannya proses buang air kecil. Jika hal ini terjadi, biasanya orang merasakan rasa sakit dan perih pada organ sekresi saluran air kencing. Rasa sakit ini sering mengganggu aktivitas kita.

Baca juga: Bantu Proses Detoksifikasi Dengan Makanan Ini

Untuk menghindari hal itu, usahakan sebisa mungkin untuk tidak menahan buang air kecil. Jika rasa ingin kencing sudah datang, segeralah buang air kecil saat kondisi memang memungkinkan. Nah, apabila sudah terlanjur mengalami buang air kecil yang tidak lancar, makanan berikut ini bisa membantu.

Buah – buahan kaya air

Buah – buahan seperti melon, anggur, jambu air, semangka, dan nanas adalah buah yang kaya akan kandungan air di dalamnya. Dengan mengkonsumsi buah – buahan tersebut, senantiasa buang air kecil akan menjadi lancar kembali. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, sebaiknya minumlah air putih dengan porsi yang lebih banyak.

Jamu herbal

Salah satu bahan jamu herbal adalah akar alang – alang. Bahan jamu ini bermanfaat untuk memberikan rasa dingin pada saluran kencing yang mengalami infeksi sehingga proses buang air kecil menjadi lancar seperti sedia kala.

Kafein

Cokelat, kopi, dan soda mengandung kafein yang dapat membantu melancarkan buang air kecil bahkan dapat membantu melancarkan buang air besar. Pada saat kita kencing, kafein yang tadinya telah kita konsumsi akan keluar bersama dengan air kencing. Memang terkadang mengkonsumsi kafein berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, jika tujuan yang ingin kita capai adalah melancarkan buang air kecil, kita bisa mengkonsumsi kopi atau soda. Kendati demikian, air putih harus dikonsumsi lebih banyak.

Oatmeal

Oatmeal yang kita konsusmsi akan mengikat kolesterol dan racun, kemudian membuangnya bersamaan dengan air seni. Jadi, oatmeal ini bisa kita jadikan menu sarapan yang sehat serta dapat membantu melancarkan buang air kecil. Kebanyakan orang yang teratur mengkonsumsi oatmeal tidak mengalami masalah pada saat buang air kecil.

Demikian makanan – makanan yang dapat melancarkan buang air kecil. Semoga bermanfaat.

Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.