Home Buleleng Round Up Wujudkan Kabupaten Layak Anak, DP2-KB-P3A Buleleng gelar KHA

Wujudkan Kabupaten Layak Anak, DP2-KB-P3A Buleleng gelar KHA

15
0
SHARE

Baktiseraga, Untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak KLA di Kabupaten Buleleng, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DP2-KB-P3A Kabupaten Buleleng menggelar Konvesi Hak Anak KHA.

Kegiatan Konvensi Hak Anak KHA yang diselenggarakan DP2-KB-P3A Buleleng selama 3 hari dari tanggal 9-11 Oktober di Rangon Sunset Pantai Penimbangan diikuti oleh 40 peserta dari unsur Kesehatan, OPD, Tenaga pengajar serta Forum Anak. Dalam pelaksanaan Konvensi Hak anak tersebut menghadirkan Narasumber Kepala Dinas P2-KBP3A Buleleng dr. Made Sukarmini, Kabid Pemenuhan Hak Anak Provini Bali Ida Ayu Nyoman Candrawati, serta psikolog Ida Ayu Maharatni.

Kabid Pemenuhan Hak Anak Provini Bali Ida Ayu Nyoman Candrawati mengatakan, konvensi hak anak merupakan sebuah kesepakatan international yang memayungi hak-hak anak. Sehingga untuk mengakselerasi kesepakatan ini ahrus ada implementasi dari peraturan-peratun daerah. Dan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak, maka suatu daerah wajib melakukan Konvensi Hak Anak KHA. “Ada KHA ini harus ada implementasi legislatif yaitu undang-undang 23 tahun 2002 kemudian implementasi administratif yaitu kebijakan kota layak anak salah satunya”,jelasnya.

Kabid Pemenuhan Hak Anak Provini Bali Ida Ayu Nyoman Candrawati menambahkan, sebagai penyelenggara Kabupaten Layak Anak maka Konvensi Hak Anak KHA harus disosialisasikan ke semua lini agar seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah sebagai penyelenggara serta masyarakat mmengerti dan paham akan Konvensi Hak Anak KHA.

Pelatihan Konvensi Hak Anak KHA tahun 2018 dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan petugas kesehatan, pendidikan, tenaga social, dan pelayan anak dalam penanganan kasus-kasus anak. Tujuannya yakni agar terwujud jaminan bagi perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak yang bermasalah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.