Home Buleleng Round Up Undiksha Perluas Jalinan Kerjasama dengan BUMN

Undiksha Perluas Jalinan Kerjasama dengan BUMN

38
0
SHARE

Banjar Jawa, Guna membekali mahasiswa dengan pengalaman bekerja, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menjalin kerjasama dengan BUMN.

Pemerintah melalui Consortium Human Development Capital Indonesia (HDCI) mewadahi sinergitas antara BUMN dengan perguruan tinggi dalam membuat sebuah Program Magang ahasiswa Bersertifikat (PMMB) bagi mahasiswa. Salah satu perguruan tinggi yang menyambut baik kerjasama itu adalah Undiksha. Sudah melakukan kerjasama beberapa waktu lalu dengan BUMN, Undiksha saat ini tengah mensosialisasikan kepada mahasiswa terkait kesempatan emas tersebut.

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menjelaskan mahasiswa mengikuti program tersebut minimal selama 1 semester. Selain mendapatkan pengalaman, mahasiswa juga mendapatkan insentif magang serta tidak menutup kemungkinan akan dilirik perusahaan untuk bekerja setelah lulus nanti. “Ini satu program yang luar biasa, karena biasanya perusahaan menggunakan CSR, namun ini seperti program investasi jangka panjang, jadi tidak menggunakan CSR,”ungkapnya.

Lebih lanjut Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd menyampaikan program magang ini sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa menuju persaingan dunia industri.”Dengan magang itu dianalogikan Kemendikbud sebagai output perguruan tinggi yang mengikuti pasar bebas, anggaplah kita akan bertarus di lautan bebas, namun jika kita hanya berlatih di kolam renang, ketika di dunia industri maka akan tenggelam. Salah satu upaya melatih itu adalah dengan magang,”terangnya.

Mahasiswa yang ingin mengikuti program magang tersebut harus melewati tahapan assessment yang akan menilai dari berbagai aspek akademis maupun karakter. “Karena kita tidak mau BUMN/BUMD yang menerima mahasiswa kita menerima mahasiswa yang tidak mereka kehendaki, sehingga kita jaring lewat assessment termasuk juga jiwa pengabdian kenegaraannya,”tutupnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.