Home Buleleng Round Up Undiksha Lepas Puluhan Mahasiswa PPL dan PKL LN

Undiksha Lepas Puluhan Mahasiswa PPL dan PKL LN

35
0
SHARE

Banjar Tegal, Melepas puluhan mahasiswanya untuk melakukan Prorgram Pengalaman Lapangan, PPL dan Prakek Kerja Lapangan, PKL ke luar negeri, Universitas pendidikan Ganesha, Undiksha berharap mahasiswa bisa menjadi teladan bagi mahasiswa lain.

Puluhan mahasiswa dilepas Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., belum lama ini untuk mengikuti PPL dan PKL di tiga negara ASEAN yaitu Thailand, Vietnam dan Philipina. Kegiatan pelepasan mahasiswa untuk PPL dan PKL di luar negeri tersebut juga di hadiri Wakil Rektor IV, Drs. I Wayan Suarnajaya, M.A.,Ph.D dan sejumlah dekan serta ketua program studi. Pada periode Januari-Februari mahasiswa yang berangkat berasal dari 9 program studi.

Salah satu mahasiswa peserta PPL dan PKL di luar negeri pada periode Januari-Februari Antonius Gita Adetian mengungkapkan keikutsertaannya dalam program ini merupakan suatu hal yang membanggakan. Terlebih lagi ia dapat mempelajari pola pendidikan yang di terapkan pada negara tersebut. “Sebagai salah satu peserta saya bangga apalagi kita diharapkan untuk bisa menjadi duta kampus yang membawa nama baik Undiksha dan Indonesia”,ujarnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu, LP3M Undiksha, Prof. Dr. A.A.I.N. Marhaeni, M.A menjelaskan dari total 33 mahasiswa yang berangkat pada periode pertama ini, sebanyak 2 orang sudah terlebih dahulu berangkat ke Thailand. “Di era sekarang kualitas lulusan kita harus bisa menjawab tantangan global”,tuturnya.

Dengan jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahunnya, Rektor Undiksha Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd berharap mahasiswa lain dapat termotivasi untuk membuka potensi dirinya masing-masing. “Harapan kita mereka bisa menjadi duta kampus untuk menunjukkan budaya dan karakter Indonesia di tempatnya melakukan PPL dan PKL. Serta setelah balik ke kampus mereka bisa menjadi suri teladan bagi mahasiswa lainnya agar lebih tergugah untuk berkiprah di luar negeri”,ungkapnya.

Di tahun 2019 Undiksha akan mengirimkan mahasiswa PPL dan PKL dalam dua periode pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Sebelum di berangkatkan mahasiswa yang mendaftar PPL dan PKL luar negeri akan di seleksi melalui proses yang panjang. Proses seleksi terbagi menjadi beberapa bagian seperti tes seleksi kemampuan berbahasa, kompetensi, dan sikap. Jika lulus maka mahasiswa akan di berikan pembekalan beberapa bulan sebelum berangkat ke tempat PPL dan PKL-nya masing-masing.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.