Home Buleleng Round Up UMKM Beragam Buleleng Berpotensi Untuk Penyaluran KUR

UMKM Beragam Buleleng Berpotensi Untuk Penyaluran KUR

33
0
SHARE

Banjar Tegal, Kabupaten Buleleng sangat berpotensi untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat, KUR.

Hal itu disampaikan Kepala Sub Bagian Edukasi Perlindungan Konsumen, OJK Regional Bali Nusra, I Gusti Bagus Adi Wijaya saat sosialisasi Sistem Informasi  Kredit Program, SIKP di unit IV Jumat (11/10). Dipaparkan Buleleng menempati peringkat kedua dalam penyaluran KUR. Hal ini disebabkan karena perkembangan UKM dan UMKM  di Kabupaten Buleleng cukup beragam. Melalui sosialisasi  SIKP diharapkan data masyarakat bisa terintegrasi dengan perbankan sehingga calon nasabah lebih mudah mengakses KUR.

Kepala Sub Bagian Edukasi Perlindungan Konsumen, OJK Regional Bali Nusra, I Gusti Bagus Adi Wijaya  menambahkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Bali yang dipimpin oleh OJK Regional Bali Nusra sudah membuat website kurbali.com. Dengan demikian dalam mengakses persyaratan serta hal terkait masalah KUR bisa cukup melalui website tersebut dan tidak harus bolak-balik koordinasi ke bank dimaksud. “Kita inginnya begitu mendapat KUR usahanya jadi berkembang. Kita sudah membuat website yang bisa diakses lewat HP sehingga pemohon kur bisa dengan mudah mengajukan KUR, dengan begitu nanti pihak Bank yang akan kerumah, pemohon tinggal menyiapkan kelengkapannya di rumah,”jelasnya.

Ditempat yang sama  Kabag Ekbang setda Buleleng Desak Putu Rupadi menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengintegrasikan data perbankan dengan data yang ada diiikuti perwakilan dari sembilan kecamatan dan staf badan Perijinan Terpadu Satu Pintu, OPD terkait serta unsur perbankan. Adapun narasumber yang dihadirkan berasal dari  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali dan Otoritas Jasa Keuangan Regional Bali Nusra. “Kita inginnya data itu terintegrasi dengan perbankan karena sebagai penyalur kur. Jadi data yang ada di SIKP itu seyogyanya bisa di upload oleh masing-masing bank penyalur,”terangnya.(tut/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.