Home Buleleng Round Up Tunggu Penetapan PEN, APBD Tahun 2021 Jalani Proses Penyesuaian

Tunggu Penetapan PEN, APBD Tahun 2021 Jalani Proses Penyesuaian

73
0
SHARE

Banjar Tegal, Meski telah ditetapkan, namun APBD Tahun Anggaran 2021 masih harus menyesuaikan dengan besaran PEN yang disetujui pemerintah pusat.

Dalam Rapat Paripurna di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Buleleng Senin 30 Nopember 2020, rapat yang dipimpin Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna menetapkan anggaran Pendapatan Daerah tahun 2021 sebesar 2.18 Triliun rupiah lebih atau menurun sebesar 55.59 milyar lebih. Selanjutnya untuk anggaran Belanja Daerah disepaati sebesar 2.83 triliun rupiah lebih atau menurun sebesar 41.88 milyar lebih. Namun dari besaran yang di tetap kan tersebut akan menyesuaikan lagi setelah besaran pengajuan Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional, PEN ditetapkan pemerintah pusat.

Dalam Rapat tersebut pihak eksekutif di hadiri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra beserta jajaran. Bupati Putu Agus Suradnyana usai rapat mengatakan, APBD tahun anggaran 2021 dirancang mengalami defisit karena masuknya sejumlah program PEN. Sehingga APBD perlu melakukan penyesuaian terhadap berapa besaran pinjaman PEN yang disetujui pemerintah pusat. “Minggu depan akan diverikasi dulu, kalau ada kepastian baru di sesuaikan,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan terkait dengan Pinjaman PEN. Ia mengaku, DPRD dengan TAPD Buleleng sudah sepakat jika anggaran PEN tidak sepenuhnya di setujui maka dari TAPD akan menyampaikan perubahan mendahului APBD Perubahan. “Selama ini kan seperti itu jika ada perubahan atau pengurangan dana, akan dibahas dengan cara penyampaian,”ujarnya.(ags/dpa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.