Home Buleleng Round Up TNI Siaga Gunung Agung, Dukung Penuh Upaya Tanggap Darurat

TNI Siaga Gunung Agung, Dukung Penuh Upaya Tanggap Darurat

61
0
SHARE
Berita Buleleng Terbaru, Berita Buleleng Hari Ini

TNI mendukung penuh upaya tanggap darurat dan melakukan siaga gunung agung menyusul aktivitas Gunung Agung yang terus mengalami peningkatan, bahkan sejumlah personil TNI telah berada di sejumlah kamp pengungsian untuk memberikan bantuan penanganan pengungsian.

Les, Kesiapsiagaan terhadap ancaman erupsi Gunung Agung dilakukan Jajaran Kodim 1609/Buleleng yang menyiagakan beberapa personilnya di lokasi pengungsian di Desa Les Kecamatan Tejakula yang secara terus menerus mengalami peningkatan hingga mencapai 10 ribu pengungsi, TNI juga melakukan pemantauan terhadap keberadaan para pengungsi yang dilaporkan berada di 10 titik pengungsian yang tersebar dari Desa Tembok hingga Desa Tejakula.

Komandan Kodim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Slamet Winarto didampingi Kepala staf Kodim Mayor Kav Nyoman Arya Jayantara, Senin (25/09/2017) siang yang memimpin langsung keterlibatan TNI di lokasi pengungsian mengakui akan ada terus penambahan pengungsi sehingga diperlukan pola-pola penanganan yang tepat dan akurat, sehingga TNI dan BPBD tetap melakukan koordinasi didalam upaya penanganan pengungsi Gunung Agung tersebut.

Dalam penanganan terhadap pengungsi tidak saja melibatkan personil langsung dilapangan, namun terlihat juga Kasdim Buleleng Arya Jayantara melakukan evakuasi langsung terhadap pengungsi yang tidak mampu berjalan lantaran mengalami sakit stroke dengan memapah menuju tenda pengungsian.

Sebelumnya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin mendukung penuh upaya tanggap darurat yang dilaksanakan Pemprov Bali terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung, bahkan sejak status Gunung Agung ditingkatkan dari normal menjadi siaga hingga kemudian masuk ke level Awas, telah mengontak seluruh Danrem termasuk Dandim untuk menyiapkan personil lengkap, sebab telah diamanatkan dalam undang-undang kalau TNI berkewajiban mendukung pemerintah dalam upaya penanganan bencana. (tha/ea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.