Home Artikel Kesehatan Tips Merawat Anak Menderita Diabetes

Tips Merawat Anak Menderita Diabetes

Dewasa ini, penyakit diabetes tidak hanya umum menyerang kalangan manula, namun anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya pun sangat rentan terserang diabetes.

973
0
SHARE
anak diabetes, menderita diabetes, tips diabetes
Image from sitkes.com

Dewasa ini, penyakit diabetes tidak hanya umum menyerang kalangan manula, namun anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya pun sangat rentan terserang diabetes. Sehingga, sebagai orangtua, hendaknya kita menjadi lebih waspada jika anak-anak menunjukkan gejala-gejala diabetes seperti sering kencing, mudah lapar dan haus, cepat lelah, sesak nafas, dan lain-lain.

Jika anda mendapati gejala-gejala tersebut pada anak anda, sekiranya para orangtua disarankan untuk melakukan deteksi dini terhadap anak yang menunjukkan gejala diabetes tersebut, yaitu dengan melakukan pemeriksaan gula darah si anak.

Apabila anak anda divonis positif menderita diabetes oleh dokter, maka berikut merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengontrol kadar gula anak anda, diantaranya:

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Bekal makanan

Dengan menyiapkan bekal makanan bagi anak, maka anda dapat mengontrol nutrisi yang diperlukan anak. Anda dapat mengatur mana makanan yang sebaiknya dikonsumsi anak dan mana makanan yang sebaiknya dihindari anak. Karena seperti yang kita ketahui, jika anak tidak dibekali dari rumah, mereka cenderung akan jajan di jalanan yang notabene makanan yang dijual tidak sehat dan mengandung banyak pemanis buatan yang tentunya dapat memperburuk kadar gula anak penderita diabetes.

Jangan keluar rumah dalam keadaan lapar

Usahakanlah untuk tidak membawa perut yang kosong saat anda keluar rumah. Jika anda keluar rumah dalam keadaan lapar, maka hal itu akan memicu kita untuk makan dalam jumlah yang berlebihan ketika sampai di tempat tujuan, dan hal ini akan memicu terjadinya obesitas. Tentunya makan secara berlebihan akan membuat kadar gula anak meningkat.

Jadilah food decider untuk keluarga kita

Menjadi food decider bukan berarti anda akan menjadi otoriter terhadap jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga anda. Tapi hal ini lebih mengarah pada kebijaksanaan anda dalam memutuskan makanan yang tepat, enak dan sehat yang patut dikonsumsi oleh suami dan anak-anak anda. Jika anda memilih makanan dengan nutrisi yang tepat, maka anak anda yang menderita diabetes akan bisa mengontrol kadar gulanya.

Kapan mulai suntikan sendiri

Anak yang menderita diabetes akan memerlukan suntikan yang berguna untuk mengontrol kadar gulanya. Beberapa anak mungkin merasa takut terhadap suntikan, sehingga sebagai orantua anda harus melakukan konsultasi dengan spesialis diabetes yang berpengalaman mengenai masalah suntikan yang diperlukan anak anda.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat dijalankan oleh orangtua yang anaknya menderita diabetes. Sesungguhnya orangtualah yang memegang peranan penting bagi kesehatan anaknya, dengan memberikan perhatian penuh bagi anak, maka alhasil anak anda akan selalu sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca juga: Hindari Junk Food

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.