Home Artikel Kesehatan Tips Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Tips Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja umunya para kaum wanita. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit ini. Namun, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara.

767
0
SHARE
Kanker payudara bisa menyerang siapa saja umunya para kaum wanita. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit ini. Namun, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Baca juga: Pengobatan Medis Kanker Payudara Melalui Operasi

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada faktor resiko. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa tips untuk menurunkan resiko kanker payudara.

4Mengurangi penggunaan bahan kimia

Image by intisari.com

Memang belum ditemukan bahwa bahan kimia disekitar kita seperti yang dikandung oleh plastic atau kosmetik dan bahan kimia lainnya dapat memicu terjadinya kanker payudara. Namun sebagai wanita yang peduli, ada baiknya untuk mengurangi kontak dengan bahan-bahan kimia.

Nah, itulah beberapa tips untuk menghindari kanker payudara. Semoga bermanfaat.

Konsultasikan kesehatan anda di Health Care Personal Consultation

3Tidak melakukan terapi hormon

Image by acemaxsmurahblog.wordpress.com

Terapi hormon yang dilakukan setelah menopause dapat memicu terjadinya kanker payudara. Untuk lebih amannya, tidak melakukan terapi hormon pengganti setelah menopause dapat menjauhkan kita dari resiko kanker payudara.

2Menyusui

Image by sayangianak.com

Untuk mengurangi resiko kanker payudara sebaiknya wanita yang baru melahirkan menyusui selama beberapa bulan. Menyusui anak selama 3-6 bulan dapat membantu menurunkan resiko serangan kanker pada payudara.

1Perubahan Gaya Hidup

Image by faktakanker.com

Beberapa hal seperti berat badan, pola makan, dan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dipercaya dapat mempengaruhi terjangkitnya kanker pada payudara. Untuk menghindari kanker menghinggapi payudara, perubahan pada ketiga hal tersebut sangat penting untuk dilakukan. Dari yang awalnya tidak beraturan menjadi terstruktur dengan rapi. Tidak hanya itu, obesitas yang dialami saat dewasa juga dapat menjadi faktor kanker payudara.

Mengkonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko kanker terjadi pada payudara. Bahkan dengan dosis rendah sekalipun. Pola makan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita, khususnya menjaga tubuh dari serangan kanker. Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, unggas, ikan, dan susu rendah lemak memiliki resiko terserang kanker payudara yang rendah.

Beberapa saran untuk pola makan dan aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko kanker payudara adalah dengan berolahraga dengan rutin dan hindari mengkonsumsi alkohol.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.