Home Artikel Kesehatan Tips Mengatasi Anemia

Tips Mengatasi Anemia

Anemia yang terjadi secara berkelanjutan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga memicu penyakit – penyakit lainnya menghinggapi tubuh kita. Untuk itu, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang dapat mengatasi anemia.

885
0
SHARE
image by sites.psu.edu

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan darah. Akibatnya tubuh kita menjadi terasa lemah, pusing, serta depresi. Ketidakmampuan tubuh kita memproduksi sel darah merah biasanya terjadi karena diet ketat atau karena kondisi tubuh kita sedang dalam keadaan tidak fit.

Memang anemia terlihat penyakit yang tidak berat, namun hendaknya anda tidak meremehkan salah satu penyakit ini. Anemia yang terjadi secara berkelanjutan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh sehingga memicu penyakit – penyakit lainnya menghinggapi tubuh kita. Untuk itu, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan yang dapat mengatasi anemia. Berikut ini adalah makanan – makanan tersebut.

Baca juga: Tips Merawat Anak Menderita Diabetes

Almond

Zat besi yang terkandung dalam kacang ini mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh anda. Dengan mengkonsumsi 1ons almond setiap hari dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi bagi tubuh anda setiap harinya.

Buah – buahan

Bagi penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah – buahan. Tidak hanya dapat membuat tubuh kita sehat, buah – buahan juga sangat efektif untuk membantu meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh. Untuk itu buah – buahan yang bisa menjadi pilihan adalah apricot, semangka, anggur, apel, plum, dan kismis.

Bit

Makanan ini kaya akan zat besi dan protein yang mampu meningkatkan sel – sel darah dan meningkatkan aliran darah anda. Nutrisi yang dikandung buah bit berperan dalam membersihkan sel – sel darah dari racun. Namun ternyata tidak hanya buah bit yang mempunyi manfaat bagi tubuh, daun bit juga mengandung vitamin A dan akar bit kaya akan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Daging ayam

Daging ini mampu membantu meningkatkan tekanan darah. Kandungan protein hewani yang ada pada daging ayam yang akan sangat berperan dalam hal ini. Protein sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk membangun sel, termasuk diantaranya sel yang ada dalam pembuluh darah. Jika pembuluh darah kita kuat, senantisa aliran darah ke seluruh tubuh kita menjadi lancar.

Saus kedelai

Untuk mengatasi anemia, Mayo Clinic merekomendasikan untuk menambahkan kadar sodium pada makanan yang kita konsumsi. Seperti contohnya saus kedelai yang megandung sodium sehingga dapat menaikkan tekanan darah secara alami. Dalam 1 sendok makan, saus kedelai mengandung 1.200 mg sodium.

Sayuran hijau

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau anda akan dapat meningkatkan jumlah darah. Selain itu sayuran hijau juga baik untuk mengontrol berat badan dan membantu menjaga system pencernaan kita.

Demikian makanan – makanan yang dapat mengatasi anemia yang anda derita. Semoga bermanfaat.

Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.