Home Buleleng Round Up Tiga Jenis Surat Suara Lebih Besar Dari Koran

Tiga Jenis Surat Suara Lebih Besar Dari Koran

33
0
SHARE

Kaliuntu, Dari lima jenis surat suara dalam pelaksanaan Pemilu 2019, tiga surat suara berukuran lebih besar dari koran yang dibuka, kondisi ini tentunya akan memberikan dampak terhadap masyarakat saat menentukan pilihannya.

Spicemen atau contoh surat suara Pemilu 2019, Senin siang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, dari lima jenis surat suara itu, tiga surat suara diantaranya untuk memilih DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten berukuran besar dan melebihi ukuran koran saat dibuka atau sebesar 51 centimeter x 82 centimeter, sedangkan ukuran untuk surat suara DPD-RI setengah dari ukuran surat suara caleg, 58 centimeter x 42 centimeter dan untuk surat suara presiden dan wakil presiden berukuran kertas biasa, 22 centimeter x 31 centimeter.

Komisioner KPU Kabupaten Buleleng Gede Sutrawan mengatakan, perbedaan ukuran pada surat suara itu berdasarkan jumlah calon peserta Pemilu 2019, dimana untuk caleg berjumlah ratusan calon sedangkan calon persorangan atau DPD hanya 22 orang sehingga ada perbedaan besar dan kecil surat suara. “Karena peserta pemilu adalah partai politik dan caleg-calegnya, kemudian capres dan cawapres, kemudian DPD dapil Bali ada 22 calon, ada DPR RI, Provinsi dan Kabupaten, sudah barang tentu untuk memudahkan masyarakat melihat secara visual ukuran surat suaranya sesuai SK KPU NO 1775 dan 188”,ujarnya.

Komisioner KPU Buleleng Sutrawan mengatakan, untuk memudahkan para pemilih didalam mengunakan hak pilihnya dengan mencoblos pilihannya, khususnya pada kertas surat suara DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, KPU Buleleng akan melakukan sosialisasi terkait surat suara tersebut.

Pentingnya sosialisasi dilakukan juga akan menyiapkan para pemilih untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya dengan memilih pada lima jenis surat suara tersebut dan juga akan menghemat waktu saat berada di bilik suara.

Dalam Spicemen atau contoh surat suara Pemilu 2019, surat suara untuk memilih presiden dan wakil presiden menyertakan photo dua pasang calon beserta nomor dan nama calon, hal serupa juga dilakukan pada surat suara untuk memilih DPD-RI yang menyertakan photo, nomor calon dan nama calon, sedangkan untuk surat suara DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten hanya menyertakan nomor dan nama caleg serta partai pengusung.(tha/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.