Home Buleleng Round Up Tiga Bulan Terpasung, Orang Dengan Gangguan Jiwa Dilepaskan

Tiga Bulan Terpasung, Orang Dengan Gangguan Jiwa Dilepaskan

167
0
SHARE

Tegallinggah, Kepala Dinas Sosial Bersama Yayasan Sole Man selasa siang menyambangi kediaman Ketut Wijana di Tegalinggah, ODGJ yang telah 3 bulan terpasung di belakang rumahnya.

Keluarga terpaksa memasung Wijana karena telah berulang kali membuat onar bahkan memukuli keluarganya sendiri. Diungkapkan kakak ipar Wijana, Luh Jasmi bahwa adik iparnya telah berulang kali menghancurkan rumah dan sanggah penduduk. Bahkan Seorang bapak beranak satu itu kerap mencuri barang tetangga.

Dokter Rumah Sakit Wangaya, I Gusti Rai Putra Wiguna mengungkapkan ini merupakan masalah umum yang terjadi di Bali. Kurangnya penindakan pasca sembuh menjadi kendala dari rumah sakit terkait. Perawatan dilakukan komunitas Sole Man dirumah agar pihak keluarga dapat melihat perkembangan Wijana.

Terkait penyedian obat di puskesmas setempat, Dokter yang tergabung dalam komunitas Sole Man ini menerangkan kendala yang umum terjadi adalah pihak puskesmas tidak mengetahui adanya pasien dengan kebutuhan obat tertentu. Untuk menjembatani hal itu Dokter Rai selaku anggota dari Komunitas Skizo-friend Indonesia akan berkomitmen bersama pemerintah kabupaten buleleng untuk menyediakan obat-obatan di seluruh puskesmas buleleng.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Sosial, Gede Komang berharap adanya koordinasi dari Dinas Kesehatan terkait data ODGJ yang ada di kabupaten Buleleng. Pihaknya mengaku akan mendukung dan membantu tim penanganan penyakit jiwa ini agar bersinergi dengan baik. “Pekerjaan ini kan tidak bisa dikerjakan sendiri tetapi harus dikerjakan lintas sektor jadi semua bersinergi sehinga semua penanganan penyakit jiwa bisa dilakukan serentak”, ungkapnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.