Home Artikel Kesehatan Ternyata Ini Kandungan Makanan Siap Saji!

Ternyata Ini Kandungan Makanan Siap Saji!

Fast food atau makanan siap saji adalah jenis makanan yang disuguhkan dalam bentuk praktis serta pengolahannya sederhana.

1564
0
SHARE
fast food, makanan cepat saji, kolesterol pada fast food
Image from youtube.com

Fast food atau makanan siap saji adalah jenis makanan yang disuguhkan dalam bentuk praktis serta pengolahannya sederhana. Jenis makanan ini umumya diproduksi oleh perusahaan pengolah pangan yang memiliki teknologi tinggi, sehingga hampir seluruh jenis makanan siap saji mengandung zat adiktif yang berfungsi untuk mengawetkan dan member cita rasa khas terhadap makanan tersebut.

Kehadiran fast food sangat diapresiasi oleh kalangan masyarakat umum, mengingat cara penyajiannya yang cepat dan praktis sehingga bagi orang-orang yang tak suka membuang-buang waktu khususnya pekerja kantoran, fast food menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Namun, sadarkah jika konsumsi fast food dalam secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang panjang dapat mengganggu kesehatan organ-organ tubuh kita? Kandungan dalam makanan siap saji ini yang dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, apa saja kandungan dalam fast food?

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Tinggi kalori

Makanan siap saji mengandung kalori yang tinggi yaitu 50% dari jumlah kalori yang diperlukan sehari, dimana biasanya hanya dibutuhkan sekitar 400-1500 kalori. Jenis fast food yang memiliki kandungan kalori tertinggi yaitu hamburger, dimana kandungan kalorinya sebanyak 1200 kalori.

Tinggi lemak

Umumnya makanan siap saji berasal dari lemak dari berbagai bahan seperti keju, mayonnaise, cream dan metode pembuatan deep frying membuat makanan siap saji mengandung banyak lemak.

Tinggi garam

Makanan siap saji juga tinggi akan kandungan garam. Seperti misalnya cheese burger, makanan ini mengandung 1400 mg Natrium, yaitu sekitar 1/3 garam yang diperlukan oleh tubuh dalam satu harinya. Tubuh kita hanya memerlukan 3300 mg atau setara dengan 1.5 sendok teh perhari.

Tinggi kandungan gula

Kandungan gula yang tinggi dikontribusikan oleh jenis makanan siap saji seperti dessert dan juga minuman ringan. Minuman ringan mengandung delapan sendok teh gula, dan jenis jajanan manis seperti donat mengandung sebanyak enam the gula.

Rendah kandungan serat

Kebanyakan jenis fast food memiliki kandungan serat yang rendah.tubuh perharinya dianjurkan mendapat asupan serat sebanyak 40 gram, sedangkan dua potong ayam, mashed potatoes dan soft drink kandungan seratnya kurang dari 1 gram. Itu berarti konsumsi fast food sama sekali tidak memberikan dampak yang baik bagi tubuh kita.

Jadi, seenak apapun cita rasa fast food yang kita makan, serta seberapa praktis pun itu. Kita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi fast food secara berlebihan mengingat karakteristik dari fast food yang seperti diatas.

Baca juga: Hindari Konsumsi Junk Food

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.