Home Buleleng Round Up Terima Hibah PUPR, STAH Negeri Mpu Kuturan Bakal Punya Gedung Asrama

Terima Hibah PUPR, STAH Negeri Mpu Kuturan Bakal Punya Gedung Asrama

144
0
SHARE

Banyuning, Sekolah Tinggi Agama Hindu (STAH) Negeri Mpu Kuturan Singaraja akan memiliki gedung asrama setelah mendapat hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

STAH Negeri Mpu Kuturan akan menerima gedung asrama untuk mahasiswa tepat di sebelah timur kampus. Gedung asrama tersebut menurut desain terdiri dari tiga lantai dan dapat menampung 180 mahasiswa, termasuk aula, dan ruang rapat.

Ditemui diruang kerjanya Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, S.AG.,MA mengatakan pembangunan asrama didukung oleh staff khusus kepresidenan yang beberapa waktu lalu sempat berkunjung ke kampus tersebut. Diberitahu soal adanya hibah untuk pembangunan di kampus, segera pihak STAHN Mpu Kuturan mencoba untuk mengajukan proposal di tahun 2020. Gayung bersambut, pihak Kementerian mengabulkan permohonan STAH Negeri Mpu Kuturan berupa hibah fisik gedung beserta furniture di dalamnya. Pihak Kementerian, akan memulai tender di bulan Februari-Maret 2021. Sementara pembangunan fisik Gedung dimulai pada Mei-November 2021. “Amanat PUPR adalah bahwa Gedung itu harus dihuni dan dikelola dengan baik oleh mahasiswa. Sehingga laporan tentang penggunaan dan ketertiban untuk sebulan dua bulan kedepan kami sudah laporkan maka akan berlanjut dengan pembangunan kedua. Kami berterimakasih kepada Kementerian Agama dan PUPR karena sudah memberikan kepercayaan kami untuk berkembang,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Suwindia, dalam ruangan dengan luas sekitar 24 meter persegi lengkap dengan dapur dan kamar mandi akan menampung hingga 4 orang mahasiswa. Pembangunan asrama mahasiswa tersebut juga sudah termasuk furniture ruangan. “Jadi kita hanya menerima kunci saja, ini juga dikelola secara professional. Kami pastinya diuntungkan karena mahasiswa yang tinggal di sana akan membayar dengan harga terjangkau dan langsung masuk ke kas negara melalui PNBP, dan itu bisa diamprah kembali untuk kegiatan Lembaga, baik pendidikan, pengajaran, pengabdian dan sebagainya,”imbuhnya.

Pada tahap awal, pihak kampus melakukan penataan pada permukaan tanah yang bergelombang di bagian timur kampus. Termasuk membuat dinding penahan tanah dan pemadatan tanah.  Hal ini karena Kementerian PUPR menerima tanah yang siap di bangun.(ags/dpa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.