Home Artikel Kesehatan Terapi Penyinaran (Radioterapi) Untuk Kanker Serviks

Terapi Penyinaran (Radioterapi) Untuk Kanker Serviks

Radioterapi adalah salah satu jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk penderita kanker serviks. Radioterapi digunakan sebagai bentuk terapi untuk penderita kanker dengan menggunakan radiasi sinar yang dapat membunuh sel-sel kanker.

1865
0
SHARE
Radioterapi, Radioterapi untuk pengobatan kanker serviks
Image by sehatdanfit.com

Radioterapi adalah salah satu jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk penderita kanker serviks. Radioterapi digunakan sebagai bentuk terapi untuk penderita kanker dengan menggunakan radiasi sinar yang dapat membunuh sel-sel kanker.

Radioterapi juga merupakan cara mengobati kanker serviks yang cukup popular saat ini. Biasanya, radioterapi ini dilakukan bersama dengan kemoterapi tergantung pada jenis kanker serviks yang diderita oleh seseorang.

Baca juga: Stadium Yang Dilewati Penderita Kanker Serviks!

Saat proses radioterapi atau sering disebut dengan terapi radiasi, gelombang radioaktif yang paling berperan untuk mengobati kanker. Pada umumnya, untuk terpai radioaktif ada dua jenis. Yang pertama adalah radioterapi eksternal dan radioterapi internal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah dua jenis radioterapi tersebut.

Radioterapi eksternal

Dalam proses radioterapi eksternal ini, sinar akan diarahkan ke tubuh dengan menggunakan alat yang mirip dengan alat yang digunakan untuk penyinaran sinar x. Terapi ini dapat dilakukan di rumah sakit yang khusus menyediakan terapi radioaktif. Umumnya, untuk terapi akan dilayani di pada hari kerja, sehingga pada akhir pekan pasien yang menjalani terapi ini dapat menggunakan waktunya untuk beristirahat di rumah. Bagi penderita kanker serviks yang masih pada stadium awal atau dibawah stadium 1, akan menjalani terapi selama 5 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Radioterapi internal

Seperti yang disebutkan tadi, jenis radioterapi yang kedua adalah radioterapi internal. Jenis radioterapi ini sangat berbeda dengan jenis yang sebelumnya. Mengapa demikian? Pada radioterapi internal ini, sumber dari gelombang radioaktif akan langsung dimasukan ke dalam vagina yang akan ditempatkan hingga bagian rahim penderita kanker serviks. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, bahkan berjam-jam. Dalam beberapa kasus terapi radioaktif internal ini, beberapa penderita bahkan melakukan terapi hingga hitungan hari. Proses seperti ini dimaksudkan agar memberi dorongan pada pengobatan-pengobatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Tidak jarang dokter merekomendasikan untuk melakukan terapi ini setelah menjalani proses operasi kanker selesai dilakukan.

Radioterapi dengan berbagai jenisnya semua dilakukan agar sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh kita misalnya kanker serviks musnah bersama dengan jaringan-jaringannya. Sehingga lambat laun ukuran kanker yang menyerang kita semakin mengecil dan akhirnya menghilang.

Itulah beberapa informasi untuk mengobati kanker serviks dengan cara melakukan terapi radioaktif. Semoga bermanfaat.

Konsultasikan kesehatan anda di Health Care Personal Consultation

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.