Home Buleleng Round Up Tanamkan Pentingnya UKS, Kesra Setda Buleleng Gelar Pelatihan Pengelola UKS

Tanamkan Pentingnya UKS, Kesra Setda Buleleng Gelar Pelatihan Pengelola UKS

75
0
SHARE

Banjar Tegal, Pembina Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah (UKS/M) dari kecamatan maupun TK/SD/SMP/SMA di Buleleng diberikan pelatihan yang bertujuan untuk mengoptimalkan capaian UKS di sekolah.

Ratusan pengelola UKS mengikuti pelatihan di Gedung Wanita Laksmigraha Singaraja Rabu (26/05). Ratusan pembina UKS yang berasal dari 27 guru pembina UKS/M di TK, 30 pembina UKS/M di SD , 30 pembina UKS/M di SMP, 4 pembina UKS/M di SMA dan 9 pembina UKS/M di kecamatan Buleleng akan mengikuti pelatihan selama 3 hari hingga hari jumat (28/06).  Pelatihan yang digelar oleh pemerintah kabupaten Buleleng melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Buleleng bertujuan untuk memberikan pengetahuan pentingnya program UKS untuk memupukkan pendidikan kesehatan dan meningkatkan keterampilan guru pembina UKS/M.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng Gde Dharmaja yang berkesempatan hadir mewakili Bupati Buleleng mengungkapkan UKS/M merupakan faktor pendukung keberhasilan pendidikan di Buleleng. Selain UKS,  ada beberapa komponen yang perlu diupayakan dengan baik untuk mewujudkan sekolah sehat. “Sekolah sehat bisa dilihat dari sanitasinya, lingkungan, ruang belajar, drynase, air bersih serta tidak kalah pentingnya kesehatan pangan yang dijual di kantin harus higienis. Untuk mewujudkan semua itu sudah tentu harus ada pemahaman dari masing-masing pihak yang terkait, sekolah, anak-anak, yang dipandu oleh pembina UKS masing-masing wilayah,”ungkapnya.

Kadisdikpora Buleleng Gde Darmaja menambahkan hingga saat ini pengelola UKS/M tidak hanya berasal dari tenaga kesehatan, namun Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buleleng  terus menggelar pelatihan agar pengelola UKS/M memiliki pengetahuan yang cukup dan dapat mengoptimalkan peran UKS/M di sekolah.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.