Home Artikel Kesehatan Sudah Taukah Kebenaran Tentang Lemak?

Sudah Taukah Kebenaran Tentang Lemak?

Jika diumpamakan, maka hubungan antar lemak dengan kesehatan hampir sama seperti minyak dan air. Konsumsi lemak sesungguhnya sangat penting bagi tubuh, mengingat bahwa lemak merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh.

695
0
SHARE
lemak, lemak baik, lemak jahat
Image from pinterest.com

Jika diumpamakan, maka hubungan antar lemak dengan kesehatan hampir sama seperti minyak dan air. Konsumsi lemak sesungguhnya sangat penting bagi tubuh, mengingat bahwa lemak merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Namun jika seseorang mengonsumsi lemak secara berlebih, maka hal itu akan menimbulkan banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kegemukan, kanker, dan jenis penyakit lainnya.

Kemudian, pandangan lain tentang lemak muncul. Dimana, dikatakan bahwa yang lemak akan mempengaruhi kesehatan tergantung dari jenis lemak yang dikonsumsi, bukandari jumlahnya.

Baca juga: Memahami lemak yang merupakan Kolesterol

Sehingga, penting bagi kita untuk mengetahui jenis lemak yang ada. Sudah taukah anda mengenai kebenaran tentang lemak? Lemak dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu:

Lemak Jahat

Kenapa disebut lemak jahat? Hal ini tentunya berkaitan dengan dampak buruk yang mungkin diakibatkan dari lemak jenis ini. Lemak jahat terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Dimana kedua jenis lemak ini memiliki sifat yang sama, yakni akan menjadi padat pada suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius. Pada lemak jenuh, rantai karbon akan mengikat sebanyak mungkin atom hydrogen yang ada, sehingga akan membuat rantai karbon jenuh terhadap atom hidrogen. Terdapat sekitar 24 jenis lemak jenuh. Namun tidak semua jenis lemak jenuh berbahaya bagi kesehatan, seperti contohnya lemak jenuh yang terdapat pada coklat murni yang disebut asam stearat, diketahui dapat menurunkan kadar LDL. Lalu, selanjutnya yaitu lemak trans. Umumnya, lemak trans banyak ditemukan dalam daging. Namun, sebagian besar ditemukan pada produk panggangan seperti kue kering, roti dan crackers. Sebagian lagi juga terdapat pada makanan yang mengandung minyak yang terhidrogenasi sebagian.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Lemak Baik

Lemak jenis ini tentunya merupakan jenis lemak yang baik bagi kesehatan. Umumnya lemak baik ditemukan pada sayuran dan ikan. Terdapat dua jenis lemak baik, yaitu lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh ganda memiliki dua atau lebih ikatan ganda karbon. Ada dua jenis lemak tak jenuh tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan, yakni asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Lemak tak jenuh ganda sangat penting bagi tubuh, namun tubuh tak dapat memproduksinya, sehingga diperlukan asupan makanan dari luar yang mengandung jenis lemak ini. Selanjutnya yaitu lemak tak jenuh tunggal. Pernahkah anda mengonsumsi minyak zaitun? Nah, minyak zaitun memiliki kandungan yang tinggi akan lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal sangat disarankan karena dapat mengganti keberadaan lemak jenuh dan lemak trans yang ada dalam tubuh.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.