Home Life Style Stop Galau Karena Stretch Marks Dan Selulit

Stop Galau Karena Stretch Marks Dan Selulit

Wanita sesungguhnya memiliki banyak pertimbangan terhadap penampilannya. Bukankah begitu? Salah satu yang menjadi permasalahan wanita ketika ingin menggunakan jenis baju tertentu yaitu stretch marks dan selulit.

790
0
SHARE
selulit, stretch marks, jangan risau
Image from styleshealth.blogspot.com

Wanita sesungguhnya memiliki banyak pertimbangan terhadap penampilannya. Bukankah begitu? Salah satu yang menjadi permasalahan wanita ketika ingin menggunakan jenis baju tertentu yaitu stretch marks dan selulit. Penampakan stretch marks dan selulit di beberapa bagian tubuh wanita akan membuatnya merasa tidak percaya diri mengenakan pakain yang disukainya. Intinya, stretch marks dan selulit merupakan salah satu ancaman pada penampilan seorang wanita.

Baca juga: Manfaat perjanjian pranikah

Seperti dilansir dari majalah Femina, walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, dan terkadang keberadaannya juga tersembunyi, namun keberadaan stretch marks dan selulit sungguh menjadi penghalang bagi para wanita untuk tampil optimal. Maka dari itu, mari sekarang kita mengenal lebih jauh mengenai gangguan kulit ini!

Stretch marks dan selulit adalah dua hal yang berbeda. Stretch marks merupakan garis-garis tak beraturan yang diakibatkan oleh adanya peregangan drastis dan elastisitas kulit  yang rendah, hal ini menyebabkan kulit pecah dan menipis. Penyebab utama munculnya stretch marks adalah kehamilan dan obesitas. Disamping itu, faktor genetic, pubertas dan pengaruh obat tertentu seperti steroid juga bisa menyebabkan munculnya stretch marks. Stretch marks umumnya muncul pada bagian payudara, perut, bokong, lengan dan paha. Untuk pencegahan stretch marks, anda dapat mengaplikasikan beberapa produk topikal yang memiliki kandungan alpha hodroxy (AHA) dan retioic acid (RA) agar munculnya stretch marks tidak semakin parah. Sedang selulit merupakan sel-sel lemak yang menumpuk secara berlebihan pada jaringan kulit, sehingga akan menyebabkan permukaan kulit tampak tidak rata. Selulit disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya genetis, gaya hidup, metabolisme tubuh, stress, perubahan hormone, serta penggunaan kontrasepsi hormonal. Sama seperti stretch marks, selulit juga biasanya mucul pada bagian payudara, bokong, pinggang dan bagian paha. Walaupun stretch marks dan selulit adalah dua hal yang berbeda, namun tetap ada persamaan pada dua masalah wanita ini, yaitu kedua gangguan kulit ini dapat dilihat secara kasat mata di berbagai area tubuh yang muncul.

Namun, tidak usah khawatir, stretch marks dan selulit adalah dua hal yang dapat dicegah. Untuk mencegah munculnya gangguan kulit ini, para wanita disarankan untuk:

  1. Menjalani pola hidup sehat, seperti olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta beristirahat yang cukup.
  2. Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari untuk elastisitas, kekenyalan dan kesegaran kulit.
  3. Tidak mengonsumsi alkohol serta rokok.
  4. Menjaga berat badan agar tidak terjadi obesitas.
  5. Menggunakan lotion atau pelembab tubuh yang baik secara teratur untuk mempertahankan agar jaringan kulit tetap kaya akan kolagen dan elastin.
  6. Mengurangi pemakaian baju yang terlalu ketat karena hal itu akan mempengaruhi sirkulasi udara yang mengalir pada kulit.

Bagi wanita, kenalilah guratan halus dan gumpalan lemak yang menganggu penampilan anda, cegah hal itu agar tidak terjadi dengan mengikuti beberapa tips diatas untuk penampilan anda yang lebih maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.