Home Artikel Kesehatan Stadium Yang Dilewati Penderita Kanker Serviks!

Stadium Yang Dilewati Penderita Kanker Serviks!

Kanker serviks menjadi salah penyakit yang kini menghantui kehidupan wanita. Bagaimana tidak, wanita di segala kalangan usia rentan terjangkit penyakit kanker jenis ini.

1543
0
SHARE
stadium kanker, kanker serviks, kanker leher rahim
Image from dokita.co

Taukah anda mengenai stadium yang dilewati penderita kanker Serviks? Kini, kanker serviks menjadi salah penyakit yang menghantui kehidupan wanita. Bagaimana tidak, wanita di segala kalangan usia rentan terjangkit penyakit kanker jenis ini.

Konsultasikan kesehatan anda>> Health Care Personal Consultation

Kanker serviks adalah jenis kanker yang berkembang diakibatkan oleh sel epitel skuamosa yang abnormal. Bagian yang biasanya diserang adalah area jaringan panggul serta kelenjar getah bening. Namun, tidak menutup mungkin, jika sel dari kanker serviks ini juga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti paru-paru, hati serta tulang, dan walaupun menyebar pada organ tubuh ini, namun sifat dari sel kanker yang berkembang merupakan sifat sel kanker serviks maka tetap dikategorikan sebagai kanker serviks.

Seperti jenis kanker lainnya, kanker serviks juga memiliki beberapa stadium yang menunjukkan sejauh mana sel kanker telah menginvasi atau menyebar di bagian tubuh. Kanker serviks memiliki empat stadium sama seperti kanker lainnya. Semankin besar angka stadium yang ditunjukkan, maka semakin parah kanker serviks yang dialami oleh si penderita. Stadium dari kanker dimulai dari yang terendah, yakni:

Stadium 0

Ini merupakan stadium terendah dari kanker serviks, hal ini dikarenakan pada stadium ini sel-sel kanker belum menyebar ke organ tubuh lain dan masih bertahan pada lapisan leher rahim atau servix. Dan ukuran dari sel kanker pun masih kecil sehingga, jika pada stadium ini penderita sudah mengetahui maka angak harapan untuk sembuh mencapai 100% dalam lima tahun ke depan.

Baca juga: Pemeriksaan Kanker Payudara

Stadium I

Pada stadium ini, sel kanker sudah ditemukan di leher rahim itu sendiri, walaupun masih di sekitar serviks, namun infeksi yang terjadi sudah mulai menyerang bagian leher rahim, tepatnya bagian bawah lapisan atas dari sel-sel serviks. Jika penderita mengetahui adanya sel kanker yang berkembang pada serviksnya pada stadium ini, maka kemungkinan untuk dapat disembuhkan mencapai 85%.

Stadium II

Pada stadium ini, sel kanker telah menyebar dan mulai menyerang bagian vagina., tepatnya lokasi yang terserang pada tahap ini yaitu serviks dan uterus. Jika sudah memasuki stadium ini makan angka harapan hidup yang dimiliki si penderita hanya berkisar 50-60%.

Stadium III

Saat sudah memasuki stadium ini, maka sel kanker telah menyebar di bagian pelvic atau sepertiga bagian bawah vagina. Jika sel kanker pada tahap ini sudah membesar, maka kemungkinan akan menyebabkan ginjal tidak berfungsi dengan baik karena saluran urin yag diblok. Angka harapan hidup pada stadium ini hanyalah 30% untuk lima tahun ke depan.

Stadium IV

Pada stadium IV, kanker sudah dikategorikan parah, karena sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lain seperti kandung kemih, rectum, paru-paru, tulang, bahkan hingga hati. Sehingga, angka harapan hidup bagi penderita yang sudah memasuki stadium IV hanyalah 5% untuk lima tahun ke depan.

Jadi itulah stadium-stadium kanker serviks yang mungkin dilalui penderita kanker serviks. Lakukanlah pemeriksaan kanker serviks sejak dini, sehingga kemungkinan penyembuhan semakin besar untuk dilakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.