Home Artikel Kesehatan Stadium Pada Kanker Payudara

Stadium Pada Kanker Payudara

Dengan mengetahui stadium kanker payudara yang diderita, hal itu akan memudahkan dokter untuk lebih memahami kondisi sel kanker serta kondisi organ-organ dalam tubuh kita, sehingga nantinya dokter dapat memberikan perawatan yang paling tepat untuk menangani kanker yang anda derita.

1233
0
SHARE
stadium kanker payudara, kanker payudara, penyakit kanker payudara
image by mariacorte.com

Disamping itu, stadium kanker juga dapat memberikan informasi bagi kita yang masih awam terhadap penyakit kanker mengenai seberapa parah sel kanker ini telah menyerang tubuh.

Seperti kanker jenis lainnya, kanker payudara juga dimulai dari stadium 0 hingga stadium parah yaitu stadium IV. Berikut merupakan penjelasan mengenai stadium kanker payudara yang mungkin dilalui oleh penderitanya,

Stadium 0

Pada tahap stadium 0, kanker payudara disebut juga dengan carcinoma in situ. Ada tiga jenis carcinoma in situ, diantaranya ductal carcinoma in situ (DCIS), lobular carcinoma in situ (LCIS), serta penyakit Paget putting susu. Jika anda telah mengethaui adanya sel kanker pada tahap ini, maka kemungkinan untuk penyembuhan sangatlah tinggi.

Stadium I

Pada stadium ini, umumnya sel kanker yang menyerang payudara telah terbentuk. Pada stadium I kanker payudara dibagi menjadi dua bagian, hal ini tergantung dari ukuran dari sel kanker serta bebrapa faktor lainnya. Dua bagian dari stadium I yaitu stadium IA dimana ukuran dari tumor sekitar 2 cm atau lebih dan juga belum adanya penyebaran keluar payudara. Kemudan stadium IB, dimana tumor berukuran 2 cm namun tidak berada pada payudara, melainkan pada kelenjar getah bening.

Stadium II

Pada stadium ini, sel kanker yang menyerang sudah membesar. Stadium II juga dibagi menjadi dua bagian, yakni: stadium IIA, dimana kanker telah berukuran sekitar 2-5 cm, dan terdapat pada tiga lajur kelenjar getah bening. Kemudian untuk stadium IIB, ukuruan kanker juga sekitar 2-5 cm, dan telah menyebar pada 1 sampai 3 lajur kelenjar getah bening, atau mungkin saja ditemukan di sekitar tulang dada.

Stadium III

Stadium II dibagi menjadi tiga bagian, yaitu stadium IIIA, dimana kanker telah berukurn 5 cm , dan ditemukan pada 4 sampai 9 jalur kelenjar getah bening atau di sekitar tulang dada. Stadium IIIB, pada tahap ini ukuran sel kanker sudah beragam dan umumnya telah menyebar ke kulit payudara sehingga menimbulkan terjadinya infeksi. Dan stadium IIIC, penyebaran kanker telah mencapai pada 10 jalur kelenjar getah bening.

Stadium IV

Pada stadum ini sel kanker telah menyebar dari kelenjar getah bening menuju organ-organ lain dalam tubuh seperti otak, paru-paru, hati maupun tulang.

Jadi penting bagi anda untuk mengetahui stadium kanker payudara, sehingga nantinya anda akan lebih paham mengenai seberapa parah kanker yang telah anda idap.

Semoga artikel ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.