Home Buleleng Round Up SMPN 4 Singaraja Sasar Masyarakat Kampanyekan Bebas Sampah Plastik

SMPN 4 Singaraja Sasar Masyarakat Kampanyekan Bebas Sampah Plastik

81
0
SHARE

Sambangan, Selain menggelar jalan santai rutin serta memungut sampah di jalan, kali ini SMPN 4 Singaraja menggelar kampanye bebas sampah plastik di sepanjang rute jalan santai.

SMPN 4 Singaraja sedang gencar melakukan pengurangan sampah plastik. Tak hanya di lingkungan sekolah, kali ini menyasar masyarakat di sekitar sekolah kampanye bebas sampah plastik dilakukan Sabtu (09/02) pagi sambil berjalan santai. Dengan rute yang tidak begitu jauh, kampanye diharapkan membawa imbas kepada masyarakat untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan di saluran air.

Masih banyak warga sekitar membuang sampah plastik sembarangan, menyebabkan banjir selalu terjadi di sekitar sekolah. Sebab itu kampanye bebas sampah plastik penting dilakukan di tengah masyarakat seperti yang dikatakan Ketua Osis SMPN 4 Singaraja Dewa Gede Rama Sabda Kumala.

Waka Kesiswaan SMPN 4 Singaraja Putu Juliani S.Pd.,Ina mengaku sejauh ini perlahan mengajak siswa untuk mengolah sampah plastik menjadi kerajinan tangan. Sampah plastik yang tidak bisa diolah akan dikirim ke Bank Sampah untuk dijual.

Kepala sekolah SMPN 4 Singaraja Putu Budiastana, S.Pd., M.Pd mengatakan SMPN 4 Singaraja menyambut baik Peraturan Gubernur nomor 97 tahun 2019 tentang timbulan sampah plastik. Sebelum pergub terbit SMPN 4 Singaraja telah mengurangi penggunaan sampah plastik di kantin sekolah. “Semua kantin kita kurangi makanan yang menggunakan bungkus plastik, kecuali air kemasan yang gelasnya masih bisa di daur ulang. Bahkan tahun 2017 kita di anugrahi adiwiyata mandiri karena sekolah ini memang peduli terhadap lingkungan terutama sampah plastik”,ujarnya.

Selain itu kampanye ini perdana dilakukan SMPN 4 Singaraja dalam rangka menyambut HUT SMPN 4 Singaraja ke-40 yang puncaknya jatuh pada tanggal 16 februari 2019. Adapun kegiatan dalam serangkaian HUT SMPN 4 Singaraja ke-40 ini yaitu kampanye bebas sampah plastik, Lomba-lomba, Bakti Sosial memungut sampah plastik dan memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.