Home Buleleng Round Up Siwaratri, SMP 2 Ajak Siswa Mulat Sarira

Siwaratri, SMP 2 Ajak Siswa Mulat Sarira

51
0
SHARE

Banyuasri, SMP N 2 Singaraja mengajak seluruh warga sekolah untuk Mulat Sarira atau instrospeksi diri dalam merayakan Hari Suci Siwaratri.

Perayaan Hari Suci Siwaratri merupakan hari raya umat hindu dalam memuja Sang Hyang Siwa sebagai manifestasi Tuhan. Malam perayaan Siwaratri biasanya dilakukan umat hindu dengan bersemadi semalam suntuk. Tak jarang pula malam Siwaratri itu disebut-sebut sebagai malam penghapusan dosa. Namun sesungguhnya malam Siwaratri itu adalah waktu untuk merenung atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukan untuk menuju pribadi yang lebih baik. pada hari raya Siwaratri ini dimanfaatkan oleh SMP N 2 Singaraja untuk melakukan persembahyangan bersama, Kamis (23/01) pagi. Usai persembahyangan seluruh siswa diberikan pencerahan terkait makna Hari Suci Siwaratri dengan menghadirkan narasumber dari Kemntrian Agama Kabupaten Buleleng.

Kepala SMP N 2 Singaraja Nyoman Purnayasa mengatakan, melalui perayaan Siwaratri ini seluruh warga SMP N 2 Singaraja dapat introspeksi diri dan berbenah agar menjadi pribadi yang lebih baik. “Poin penting dari perayaan hari siwaratri ini dimana p[enekanan penguatan karakter, budi pekerti, etika, sopan santun, dan perilaku, kami harapkan anak-anak SMPN 2 Singaraja itu mulat sarira, sehingga lebih mementingkan prestasi, namun tetap membentengi diri dari hal negatif,”ujarnya.

Sementara itu, Gede Sadiana selaku narasumber dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Buleleng menjelaskan makna hari raya Siwaratri. “Konsep siwaratri, adalah kegelapan pikiran yang kita lakukan selama ini kita terangi mendapat jalan terbaik oleh Siwa. Kami harapkan proses malam siwaratri adalah perenungan sehingga setelah itu tidak lagi melakukan perbuatan yang menentang ajaran agama,”tuturnya.(dyn/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.