Home Buleleng Round Up Siswa SDN 4 Kampung Baru Wakili Bali Lomba Bercerita Tingkat Nasional

Siswa SDN 4 Kampung Baru Wakili Bali Lomba Bercerita Tingkat Nasional

142
0
SHARE

Kampung Baru, Salah seorang siswa SD Negeri 4 Kampung Baru mewakili provinsi Bali dalam Lomba Bercerita Bahasa Indonesia tingkat nasional.

Adalah Putu Sri Pratiwi, siswa yang baru naik kelas 6 ini tengah menjalani pembinaan dalam rangka mengikuti ajang lomba bercerita tingkat nasional pada bulan september mendatang. Sebelumnya Pratiwi telah mengikuti lomba serupa di tingkat kabupaten dan meraih juara 2. Naik ke tingkat provinsi, pratiwi berhasil mengalahkan peserta dari kabupaten Klungkung dan menyabet juara 1.

Putu Sri Pratiwi yang kini tinggal bersama kakeknya tidak jauh dari sekolah sudah menyukai bercerita sejak kecil. Ia bahkan mulai mengikuti lomba bercerita mulai dari kelas 4 SD. Hal ini juga didukung oleh orang tuanya yang kerap mengantarkan Pratiwi ke tempat berlomba hingga selesai. Untuk lomba tingkat nasional, Pratiwi mengaku lebih banyak melatih keterampilannya bermain musik. “Latihan mulai dari intonasi, waktu, kecepatan, ekspresi dan tata bicara yang paling sulit intonasinya. Untuk yang tingkat nasional persiapannya latihan sangkakala dan memperbaiki naskah,”jelasnya.

Guru Pembina siswa Desak Made Suciningsih, Spd mengatakan sudah mulai melihat potensi siswa sejak dini. Selanjutnya dilakukan pembinaan khusus sesuai dengan potensi siswa. Khusus untuk Pratiwi, Suciningsih mengaku telah melakukan pembinaan sedari lama sehingga untuk keikutsertaannya dalam lomba tingkat nasional ini ia hanya melakukan revisi terhadap naskah cerita yang akan dibawakan pratiwi. “Saya sudah modifikasi waktunya karena ditambah dengan alat musik sangkakala dan salam pembuka dan penutup diubah agar menjadi lebih kekanak-kanakan, lalu ada interview dengan 5 cerita yang harus dikuasai siswa jadi kesiapan mental harus bagus sekali,”ungkapnya.

Melihat potensi yang dimiliki siswa-siswinya Kepala Sekolah SD Negeri 4 Kampung Baru Wayan Arjana, S.Pd.,M.Pd  ditemui diruang kerjanya Jumat (05/07) pagi tetap melakukan pemantauan potensi. Tak hanya itu untuk mengembangkan potensi anak didik pihaknya bahkan melakukan pembinaan dimulai dari kelas 3 SD sehingga target raihan piala setiap tahun dapat tercapai. “Semua siswa yang ingin meningkatkan  mutu lewat prestasi  sekolah mendukung sepenuhnya.Kebetulan kami memiliki pembina yang khusus sehingga dari kelas 3 sudah dilakukan pembibitan jadi setiap ada event kita tampilkan sehingga siswa sudah memiliki pengalaman dan di kelas 4 sudah pasti mendapat juara,”terangnya.(ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.